Skripsi

Hubungan Penggunaan Pil Keluarga Berencana (KB) terhadap Kandidiasis vulvovaginitis pada Pekerja Seks Komersial (PSK) di Tangerang, Banten = Prevalence Between Candidiasis vulvovaginitis and the Administration of Birth Control Pills on Prostitutes Living in Tangerang, Banten.

Pekerja Seks Komersial adalah subjek yang memiliki risiko tinggi terkena infeksi menular seksual, salah satunya adalah Kandidiasis vulvovaginitis akibat Candida albicans. Mayoritas PSK menggunakan alat kontrasepsi berupa kontrasepsi hormonal, yang terdiri dari pil KB dan suntik KB, untuk mencegah kehamilan akibat pekerjaan. Akan tetapi, penggunaan kontrasepsi hormonal dapat mempengaruhi perubahan hormon dalam tubuh sehingga dapat menjadi faktor risiko kandidiasis vulvovaginitis. Pil KB dan suntik KB merupakan dua jenis kontrasepsi hormonal yang berbeda. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara prevalensi Kandidiasis vulvovaginitis dengan penggunaan pil keluarga berencana (KB) dibandingkan suntik KB pada pekerja seks komersial (PSK) di Tangerang, Banten. Desain penelitian ini adalah cross – sectional dengan menggunakan data sekunder dari Departemen Parasitologi FKUI. Subjek penelitian ini adalah 103 PSK di Tangerang, Banten. Hasil penelitian ini, terdapat 70 PSK (68%) yang positif terkena Kandidiasis vulvovaginitis, dan 33 PSK (32%) yang negatif. Terdapat 70 PSK yang menggunakan pil KB (68%), 33 PSK menggunakan suntik (32%). Hasil statistik penelitian ini adalah p=0,014 (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Belinda Pritasari - Nama Orang
Widiastuti - Nama Orang

No. Panggil
S15291FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xii, 40 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S15291FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15291FKS15291FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Penggunaan Pil Keluarga Berencana (KB) terhadap Kandidiasis vulvovaginitis pada Pekerja Seks Komersial (PSK) di Tangerang, Banten = Prevalence Between Candidiasis vulvovaginitis and the Administration of Birth Control Pills on Prostitutes Living in Tangerang, Banten.

Related Collection