Skripsi

Efektivitas Esktrak Daun Duria Zybenthinus Murr Sebagai Antiviral terhadap Virus Dengue in Vitro = The Effectivity of Duria Zybenthinus Murr Leaf’s Extract as an Antiviral for Dengue Virus in Vitro.

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeks i virus dengue (DENV) dengan prevalensi besar di dunia. Hingga kini, belum ada vaksin ataupun antiviral untuk DENV. Perkembangan antiviral berbahan baku alami telah banyak dilakukan dan cukup menjanjikan sebagai alternatif untuk menghamba t replikasi DENV. Duria Zybenthinus Murr merupakan tanamanan yang tumbuh di Asia Tenggara yang memiliki kandungan bioflavonoid. Dalam penelitian ini, nilai efek ekstrak dalam inhibisi replikasi virus (IC 50 ) diukur dengan perhitungan focus assay. Efek toksisitas ekstrak terdahap sel (CC50) dievaluasi dengan uji viabilitas sel menggunakan MTT assay. Dari hasil penelitian ekstrak daun Duria Zybenthinus Murr, memiliki nilai CC50, IC 50, dan SI berturut-turut sebesar, 107,04 g/ml, 99,13 g/ml, dan 1.08. Hasil tersebut menunjukan bahwa ekstrak daun Duria Zybenthinus Murr memiliki toksisitas yang tinggi dan selektivitas yang rendah sebagai antiviral DENV.
Kata Kunci : Virus Dengue, Antiviral, Duria Zybenthinus Murr, Ekstrak Tanaman.

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Haryo Prakoso Adhi Purwanto - Nama Orang
Beti Ernawati Dewi - Nama Orang

No. Panggil
S15268FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiii, 40 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S15268FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15268FKS15268FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efektivitas Esktrak Daun Duria Zybenthinus Murr Sebagai Antiviral terhadap Virus Dengue in Vitro = The Effectivity of Duria Zybenthinus Murr Leaf’s Extract as an Antiviral for Dengue Virus in Vitro.

Related Collection