Skripsi

Hubungan Pola Makan Dengan Obesitas pada Anak Usia Sekolah Dasar = Dietary Intake in Relation to Obesity in Primary School Age.

Pendahuluan: WHO menyatakan pada tahun 2013 terdapat lebih dari 42 juta anak-anak mengalami obesitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pola makan dengan obesitas pada anak usia sekolah dasar. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian potong lintang yang dilakukan pada Juli-September 2015 di SDN 01 Menteng Jakarta. Pengambilan data dilakukan dengan antropometri dan kuesioner food recall 48 jam. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil: Hasil uji statistik menunjukkan bahwa pola makan tidak memiliki hubungan yang bermakna dengan obesitas dengan nilai p>0.05. Diskusi: Hasil ini berbeda dengan beberapa penelitian terdahulu yang mungkin disebabkan oleh proporsi subyek yang kurang baik, information bias, dan return rate kuesioner yang rendah.
Kata kunci : Anak, kalori, lemak, makronutrien, obesitas, pola makan, protein, sekolah dasar



Introduction: WHO states that in 2013 there were more than 42 million children are obese. This study aims to determine whether there is a relationship between diet and obesity in primary school age. Method: This study uses a crosssectional study design conducted in July-September 2015 at SDN 01 Menteng Jakarta. Data taken from anthropometry and 48-hour food recall questionnaire. The data analyzed using Chi-Square test. Result: Statistical analysis showed that the diet has no significant association with obesity with p> 0.05. Discussion: This result is in contrast to some previous studies that might be caused by inappropriate proportion of subjects, information bias, and low questionnaires return rate.
Key words : Calories, children, fat, macronutrients, obesity, primary school, protein

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Felicia - Nama Orang
Rini Sekartini - Nama Orang

No. Panggil
S15249FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiii, 44 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S15249FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15249FKS15249FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Pola Makan Dengan Obesitas pada Anak Usia Sekolah Dasar = Dietary Intake in Relation to Obesity in Primary School Age.

Related Collection