Skripsi

Perbandingan Modifikasi Teknik Mini-FLOTAC dengan Teknik Kato-Katz dalam Mendeteksi Infeksi Cacing Usus pada Anak Balita di Kecamatan Nangapanda, Nusa Tenggara Timur = Comparison of Modified Mini-FLOTAC and Kato-Katz in Soil Transmitted Helminthes Infection Detection in Under-Five Children at Nangapanda District, Nusa Tenggara Timur.

Kato-Katz sebagai teknik pemeriksaan infeksi kecacingan yang direkomendasikan WHO memiliki sensitivitas yang rendah pada intensitas infeksi yang ringan. Teknik flotasi mulai dikembangkan untuk mendapatkan teknik dengan sensitivitas yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan memodifikasi teknik flotasi, yaitu mini-FLOTAC dengan mempertahankan satu tahap sentifugasi pada prosedur FLOTAC dan membandingkan sensitivitas teknik tersebut dengan teknik Kato-Katz. Penelitian ini dilakukan pada Juni 2015—Oktober 2015 di Laboratorium Departemen Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Sensitivitas, nilai duga negatif, akurasi, dan rerata jumlah telur dihitung berdasarkan hasil temuan di mikroskop dan diolah dengan rumus standar. Data perbandingan antara kedua teknik dianalisis dengan menggunakan program SPSS 20.0 for windows dengan uji McNemar untuk analisis perbedaan dan uji Kappa untuk kesesuaian sensitivitas, serta uji Wilcoxon pada rerata jumlah telur ketiga jenis cacing. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sensivitas modifikasi miniFLOTAC lebih tinggi dibandingkan Kato-Katz pada pemeriksaan Trichuris trichiura (94,7% vs 73,7%) dengan perbedaan signifikan (p=0,039), sedangkan pada Ascaris lumbricoides didapatkan sensitivitas setara (83,7% vs 85,7%) dan pada infeksi cacing tambang didapatkan sensitivitas yang lebih rendah (20% vs 90%) dengan perbedaan yang signifikan (p=0,039). Median jumlah telur Ascaris lumbricoides dan cacing tambang pada Kato-Katz secara signifikan lebih tinggi dibandingkan modifikasi mini-FLOTAC (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Ninik Maris Saragih - Nama Orang
Yenny Djuardi - Nama Orang

No. Panggil
S15245FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xii, 50 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S15245FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15245FKS15245FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbandingan Modifikasi Teknik Mini-FLOTAC dengan Teknik Kato-Katz dalam Mendeteksi Infeksi Cacing Usus pada Anak Balita di Kecamatan Nangapanda, Nusa Tenggara Timur = Comparison of Modified Mini-FLOTAC and Kato-Katz in Soil Transmitted Helminthes Infection Detection in Under-Five Children at Nangapanda District, Nusa Tenggara Timur.

Related Collection