Skripsi

Peran Status Gizi terhadap Kejadian Diabetes Melitus pada Pasien Tuberkulosis di Jakarta = Role of Nutritional Status in the Occurrence of Diabetes Mellitus among Tuberculosis Patients in Jakarta.

Indonesia adalah negara ke-4 dengan jumlah kasus tuberkulosis terbanyak di dunia. Masalah tuberkulosis menjadi lebih berat karena keterkaitannya dengan diabetes melitus. Laporan penelitian ini membahas mengenai faktor yang menyebabkan adanya keterkaitan antara penyakit tuberkulosis dan diabetes mellitus di Jakarta. Faktor yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini adalah status gizi, dengan menggunakan perhitungan indeks massa tubuh (IMT). Penelitian kualitatif ini menggunakan desain deskriptif analitik cross-sectional. Hasil dari penelitian menunjukkan di antara 236 responden ditemukan laki-laki lebih mendominasi, karakteristik usia responden yang paling dominan adalah rentang 21-44 tahun, dan status gizi yang paling mendominasi adalah status gizi normal. Dari 236 responden ditemukan 65 kasus diabetes melitus (27,5%) yang setelah analisis menggunakan SPSS versi 20 ditemukan beda proporsi bermakna pada kejadian diabetes melitus antara pasien tuberkulosis dengan status gizi normal dan status gizi kurang dibandingkan dengan kategori status gizi lainnya. Hal ini diperkirakan karena perjalanan penyakit pasien yang pada umumnya status gizi kurang karena adanya infeksi yang menyebabkan penurunan nafsu makan dan setelah pengobatan status gizi menjadi baik. Penelitian ini menyarankan agar dilakukan penelitian kembali untuk membahas keterkaitan antara kedua penyakit dengan lebih dalam dan dilakukan pemeriksaan rutin baik pada pasien tuberkulosis atau diabetes melitus karena keterkaitan yang ada.
Kata Kunci: Tuberkulosis, diabetes melitus, status gizi, indeks massa tubuh



Indonesia is the fourth country with highest tuberculosis cases among other countries all over the world. This problem become more serious because of strong relationship between tuberculosis and diabetes mellitus. The focus of this study is to look for the factor which can make the relationship happen. The main factor focused in this research was nutritional status using body mass index calculation. This qualitative research used analytical descriptive cross-sectional design. Among 236 tuberculosis patients, it was found that male was dominant, age of 21-44 was leading, and normal nutritional status was dominant. Result of this research showed that 65 (27.5%) of 236 tuberculosis patients were also diagnosed as a diabetes mellitus patients. After the data was analyzed using SPSS 20th version, the result showed a significant proportion difference in the prevalence of diabetes mellitus among tuberculosis patients with normal nutritional status and lower nutritional status as compared to other categories of nutritional status. This result might be caused of course of the disease. The researcher suggests the next research about this problem to be explored deeper and also the screening of patients either the patient’s diagnosed as a tuberculosis or diabetes mellitus patient should be done because of strong relationship between these diseases.
Key words: Tuberculosis, diabetes mellitus, nutritional status, body mass index

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Fathia Nabilla - Nama Orang
Trevino A. Pakasi - Nama Orang

No. Panggil
S15237FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
x, 48 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S15237FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15237FKS15237FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Peran Status Gizi terhadap Kejadian Diabetes Melitus pada Pasien Tuberkulosis di Jakarta = Role of Nutritional Status in the Occurrence of Diabetes Mellitus among Tuberculosis Patients in Jakarta.

Related Collection