Skripsi

Pengaruh Ekstrak Batang Calophyllum canum terhadap Replikasi Virus Dengue Serotipe 2 in Vitro = The Effect of Calophyllum canum Bark Extract on Dengue Virus Serotype 2 Replication in Vitro.

Infeksi dengue masih merupakan masalah kesehatan di Indonesia sebagai negara endemik. Sampai saat ini, belum ditemukan terapi definitif sebagai tatalaksana infeksi dengue. Penelitian untuk pengembangan antivirus dengue sudah banyak dilakukan. Ekstrak Calophyllum canum, sebagai salah satu tanaman yang tumbuh di Kalimantan, ditemukan memiliki efek anti mikroganisme. Penelitian dilakukan untuk menguji efek antiviral dari crude extract batang C. canum fraksti etil asetat terhadap replikasi virus dengue serotipe-2 (DENV-2) pada sel Huh7it-1 dengan focus assay dan MTT assay untuk menguji sitotoksitas pada sel tidak terinfeksi.Nilai IC50 dari ekstrak C. canum pada sel Huh7it-1 adalah 123,96 µg/mL dan nilai CC50 adalah 620,57 µg/mL. Indeks selektivitas adalah 5,01. Pada focus assay terdapat perbedaan bermakna antara tiap perlakuan dengan kontrol (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Muhammad Arif Sanusi - Nama Orang
Beti Ernawati Dewi - Nama Orang

No. Panggil
S15228FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiii, 33 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S15228FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15228FKS15228FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Ekstrak Batang Calophyllum canum terhadap Replikasi Virus Dengue Serotipe 2 in Vitro = The Effect of Calophyllum canum Bark Extract on Dengue Virus Serotype 2 Replication in Vitro.

Related Collection