Skripsi

Hubungan Antara Jenis Epilepsi Berdasarkan Klasifikasi ILAE 1989 dengan Gambaran EEG dan Perkembangan Anak di RSUPN Cipto Mangunkusumo = Association between Types of Epilepsy Based on ILAE 1989 Classification System with EEG Recording and Child Development in RSUPN Cipto Mangunkusumo.

Epilepsi merupakan penyakit kronik dengan gejala yang cukup khas yaitu adanya bangkitan kejang tanpa pemicu. Angka prevalensi epilepsi tergolong tinggi di Indonesia dan hal ini merupakan masalah yang harus segera diatasi. Selain itu, epilepsi pada anak dapat menyebabkan berbagai gangguan perkembangan. Salah satu pemeriksaan penunjang untuk mendiagnosis klasifikasi epilepsi yang tersedia saat ini adalah EEG yang memberikan gambaran pola gelombang spesifik tertentu. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan dianalisis hubungan antara epilepsi pada anak dengan gambaran EEG serta perkembangan anak. Desain penelitian ini adalah potong lintang dengan menggunakan data sekunder rekam medik dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSUPN Cipto Mangunkusumo tahun 1995-2010. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 115 anak (61,5%) dengan klasifikasi epilepsi simtomatik, 105 anak (56,1%) dengan gambaran EEG abnormal, dan 96 anak (51,3%) dengan perkembangan terlambat. Dari hasil analisis hubungan antar variabel menggunakan Chi-Square, terdapat hubungan bermakna antara perkembangan anak dengan klasifikasi epilepsi (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Regina Putri Apriza - Nama Orang
Setyo Handryastuti - Nama Orang

No. Panggil
S15217FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xii, 57 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S15217FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15217FKS15217FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Antara Jenis Epilepsi Berdasarkan Klasifikasi ILAE 1989 dengan Gambaran EEG dan Perkembangan Anak di RSUPN Cipto Mangunkusumo = Association between Types of Epilepsy Based on ILAE 1989 Classification System with EEG Recording and Child Development in RSUPN Cipto Mangunkusumo.

Related Collection