Skripsi

Pengaruh Faktor Demografik dengan Kepuasan Pasien dalam Hal Komunikasi Terapeutik di RS X tahun 2015 = The Effect of Demographic Factor in Patient Satisfaction in Case of Therapeutical Communication.

Kepuasan pasien merupakan salah satu faktor utama sebuah rumah sakit untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Di Indonesia, terutama dalam era BPJS, seluruh rumah sakit berlomba-lomba untuk mendapatkan akreditasi yang baik, dengan cara meningkatkan pelayanannya. Pelayanan yang diberikan pun bermacam-macam, tidak hanya dari infrastruktur yang adekuat dan modern, kualitas lain seperti pelayanan subjektif dokter-pasien pun juga berusaha untuk ditingkatkan. Salah satu aspek yang ditingkakan adalah komunikasi terapeutik.Komunikasi terapeutik ini mencakup tiga aspek dalam model servqual, yaitu empathy, responsiveness, dan assurance. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu kepuasan pasien terhadap layanan dokter, terutama dalam aspek komunikasi terapeutiknya. Penelitian ini dilakukan secara potong lintang dengan data sekunder yang diperoleh dari hasil survey kepuasan pasien di rumah sakit X pada tahun 2015. Data diambil dari 97 subyek. Delapan subyek dieksklusi karena data yang tidak lengkap, sehingga terdapat 89 data yang diolah. Didapatkan skor kepuasan pasien dengan nilai median 3 yang artinya pasien puas dengan pelayanan dokter dalam aspek komunikasi terapeutiknya. Faktor demografik yang diteliti adalah. Tidak ditemukan adanya hubungan bermakna antara faktor demografik yaitu umur, penghasilan, pendidikan terakhir, dan jenis kelamin, dengan kepuasan pasien( P > 0,05). Sebagai kesimpulan, di rumah sakit X pada tahun 2015 didapati pasien merasa puas dengan pelayanan dokter. Kepuasan ini tidak dipengaruhi oleh umur, tingkat penghasilan, pendidikan dan jenis kelamin dari pasien.
Kata Kunci : Kepuasan Pasien; Rumah Sakit; Komunikasi Terapeutik; faktor demografik



Patient satisfaction is one of main indicatot for a hospital to improve their service quality. In Indonesia, especially in this Universal health care era, the hospitals compete with each other to get a better accreditation. For doctors, improving their the quality of therapeutic communication is needed. In servqual models, empathy, responsiveness, and assurance areaspects related to the therapeutical communication. This research aim check patients satisfaction to doctor services in the therapeutical communication .In addition, this research find the relationship between demographic factors to patient satisfaction. In this cross-sectional research, we included data from 97 respondents who participated in the yearly survey of patients satisfaction at hospital X.Eight subjects were excluded because of incompleteness of their data. The median value of subjects satisfaction was 3, which means the patients were satisfied with their doctors. There were no significance relationship between patients satisfaction with patients age, gender, income and education level. (p score >0.05). In conclusion, patients were satisfied with the service of a doctor at the hospital X in 2015. This satisfaction is not affected by the patients age, income level , education and gender.
Kata Kunci : Attitude; Behaviour; Complementary Feeding; Knowledge; Sociodemographic Factors

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Kevin Lazuardy - Nama Orang
Grace Wangge - Nama Orang

No. Panggil
S15179FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S15179FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15179FKS15179FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Faktor Demografik dengan Kepuasan Pasien dalam Hal Komunikasi Terapeutik di RS X tahun 2015 = The Effect of Demographic Factor in Patient Satisfaction in Case of Therapeutical Communication.

Related Collection