Skripsi

Pengaruh Infeksi Soil-transmitted Helminth terhadap Kekurangan Nutrisi Anak Balita di Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur = The association between soil-transmitted helminth infection with undernutrition in under-five children from Nangapanda Sub-District, Ende District, East Nusa Tenggara.

Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu provinsi dengan angka kekurangan nutrisi pada anak balita yang cukup tinggi. Kekurangan nutrisi merupakan penyebab mortalitas utama pada anak balita, yang dapat disebabkan oleh infeksi. Indonesia merupakan negara yang endemis terhadap soil transmitted helminth (STH) yang mencakup Ascaris lumbricoides, Trichuris trichiura, dan cacing tambang. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa infeksi STH dapat menyebabkan kekurangan nutrisi pada anak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh infeksi STH terhadap kekurangan nutrisi pada anak balita di kecamatan Nangapanda, NTT yang diukur dengan weight-for-age z-score (WAZ), height-for-age z-score (HAZ), dan weight-for-height z-score (WHZ). Penelitian menggunakan desain cross-sectional dengan 98 subjek anak balita di Kecamatan Nangapanda yang berasal dari random sampling. Status WAZ, HAZ, dan WHZ diperoleh dari pengukuran antropometri, sementara status infeksi STH ditentukan melalui metode Kato-Katz untuk menemukan telur cacing di tinja. Hubungan antara infeksi STH dan kekurangan nutrisi pada anak balita dianalisis dengan chi-square, dan dilakukan analisis regresi logistik untuk mencari pengaruh faktor lain seperti usia anak balita, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan ibu. Dari 98 anak balita, sebanyak 58 di antaranya terinfeksi STH. Sementara itu, ditemukan bahwa 27,6% anak balita memiliki WAZ

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Andy William - Nama Orang
Yenny Djuardi - Nama Orang

No. Panggil
S15165FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xii, 48 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S15165FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15165FKS15165FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Infeksi Soil-transmitted Helminth terhadap Kekurangan Nutrisi Anak Balita di Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur = The association between soil-transmitted helminth infection with undernutrition in under-five children from Nangapanda Sub-District, Ende District, East Nusa Tenggara.

Related Collection