Skripsi

Pengaruh Pemberian Homogenat Bekatul terhadap Kadar Malondialdehid pada Otak Tikus yang Diinduksi Karbon Tetraklorida = Effect of Rice Bran Homogenate Feeding to Malondialdehyde Levels of Brain in Rats Induced by Carbon Tetrachloride.

Radikal bebas merupakan senyawa reaktif yang memiliki elektron tidak berpasangan pada orbital terluarnya. Peningkatannya dalam tubuh menimbulkan kerusakan oksidatif. Salah satu organ yang rentan adalah otak. Antioksidan endogen tidak cukup menetralkan radikal bebas. Konsumsi antioksidan eksogen dibutuhkan untuk membantu menangkal radikal bebas, salah satunya adalah bekatul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian bekatul terhadap otak tikus yang diinduksi CCl4 dengan parameter kadar MDA. Sampel menggunakan 24 ekor tikus jantan Sprague-Dawley berusia 6 – 8 minggu dengan BB + 100 – 200 g yang dibagi menjadi 6 kelompok yaitu kontrol normal (P1), kontrol negatif diberi CCl4 (P2), bekatul 200 mg/kgBB (P3), bekatul 400 mg/kgBB (P4), bekatul 200 mg/kgBB+CCl4 (P5), bekatul 400 mg/kgBB+CCl4(P6). Setelah perlakuan dilakukan pengukuran kadar MDA. Hasil penelitian diperoleh kadar MDA pada P3 dan P4 lebih rendah dibandingkan kelompok kontrol normal. Dan kadar MDA pada kelompok P2 lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol normal. Selain itu, kadar MDA pada kelompok P5 lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol negatif sedang pada kelompok P6 lebih rendah dibandingkan kelompok kontrol negatif. Penelitian diuji dengan One-Way Anova memperoleh perbedaan bermakna dengan nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Desi Melia Utami - Nama Orang
Dwirini Retno Gunarti - Nama Orang

No. Panggil
S15157FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xvi, 48 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S15157FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15157FKS15157FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Pemberian Homogenat Bekatul terhadap Kadar Malondialdehid pada Otak Tikus yang Diinduksi Karbon Tetraklorida = Effect of Rice Bran Homogenate Feeding to Malondialdehyde Levels of Brain in Rats Induced by Carbon Tetrachloride.

Related Collection