Tesis

Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Triage Assestment System: Crisis Intervention (TAS-CI) Versi Bahasa Indonesia = Validity and Reliability Test of Indonesian Version of Triage Assestment System: Crisis Intervention (TAS-CI) Instrument.

Tesis ini membahas uji validitas dan reliabilitas instrumen Triage Assestment System: Crisis Intervention Versi Bahasa Indonesia dalam mengukur derajat keparahan krisis psikologis yang dialami seseorang. Krisis psikologis merupakan kondisi yang dapat mengakibatkan timbulnya berbagai gangguan psikiatri. Diperlukan suatu instrumen untuk mendeteksi dan menentukan derajat keparahan krisis psikologis, yang akan digunakan sebagai dasar penentuan intervensi yang sesuai. Uji validitas dan reliabilitas instrumen TAS-CI dilaksanakan dengan subjek penelitian tenaga medis departemen Psikiatri RSCM (N=50), selanjutnya subjek diminta melakukan penilaian terhadap tayangan kasus video vignette krisis psikologis menggunakan instrumen TAS-CI. Penelitian ini menghasilkan uji konsistensi internal Cronbach’s Alpha = 0,772-0,861, uji reliabilitas inter-rater membuktikan tidak ada perbedaan bermakna penilaian krisis oleh residen psikiatri, dokter muda dan perawat untuk kasus krisis derajat ringan dan sedang, namun terdapat perbedaan bermakna untuk kasus krisis derajat berat. Hasil uji validitas isi = 0,991 dan validitas konstruksi menunjukkan korelasi komponen dengan skor total TAS-CI yang baik (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Taufik Ashal - Nama Orang
Martina Wiwie - Nama Orang

No. Panggil
T 15 341 FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Bidang Studi Ilmu Kedokteran Jiwa.,
Deskripsi Fisik
xii, 78 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15341FKT15341FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Triage Assestment System: Crisis Intervention (TAS-CI) Versi Bahasa Indonesia = Validity and Reliability Test of Indonesian Version of Triage Assestment System: Crisis Intervention (TAS-CI) Instrument.

Related Collection