Tesis

Antenatal Care Services and its Association with Anemia Status among Pregnant Women in East Jakarta = Pelayanan Antenatal Care dan Hubungannya dengan Status Anemia pada Ibu Hamil di Jakarta Timur.

Antenatal care (ANC)is an effective program to prevent and overcome anemia during pregnancy. This study aimed to assess ANC services and its association with anemia status among pregnant women in East Jakarta. A cross sectional study was conducted among 285 pregnant women with ≥32 weeks gestation. ANC services and hemoglobin level were assessed. This study showed pregnant women with low–medium score on education related to danger sign on pregnancy and family role on maternal care, had significantly lower risk of anemia. This contrary results was due to a tendency of better supplement/multivitamin containing iron consumption by subjects with lower-medium score.
Keyword: antenatal care, anemia, pregnant women, East Jakarta



Antenatal care (ANC)merupakan program yang efektif untuk mencegah dan mengatasi anemia selama kehamilan. Studi ini bertujuan untuk menilai pelayanan antenatal care dan hubungannya dengan status anemia pada ibu hamil di Jakarta Timur. Studi potong lintang ini dilaksanakan pada 285 ibu dengan kehamilan ≥32 minggu. Pelayanan ANC dan kadar hemoglobin dinilai. Studi menunjukkan bahwa ibu hamil dengan skor pengetahuan rendah–sedang tentang gejala berbahaya kehamilan dan peran keluarga dalam ANC, secara bermakna lebih rendah berresiko menderita anemia. Hal ini terkait dengan kecenderungan lebih baiknya konsumsi suplemen/multivitamin yang mengandung zat besi oleh subyek dengan skor rendah–sedang.
Kata kunci: antenatal care, anemia, ibu hamil, Jakarta Timur

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Miftahul Jannah - Nama Orang
Luh Ade Ari Wiradnyani - Nama Orang
Drupadi HS Dillon - Nama Orang

No. Panggil
T 15 331 FK
Penerbit
Jakarta : Study Program in Nutrition.,
Deskripsi Fisik
xiv, 69 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
English
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15331FKT15331FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Antenatal Care Services and its Association with Anemia Status among Pregnant Women in East Jakarta = Pelayanan Antenatal Care dan Hubungannya dengan Status Anemia pada Ibu Hamil di Jakarta Timur.

Related Collection