Tesis

Karakteristik Kaki Diabetik Di Hubungkan Dengan Penilaian “PEDIS” Yang Dilakukan Débridement di Divisi Bedah Vaskular RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo = Characteristic of Diabetic Foot in Association with “PEDIS” Assessment as do débridement in The Division Vascular Surgery RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.

Pendahuluan: Kaki diabetik (KD) merupakan salah satu komplikasi kronik dari Diabetes Mellitus (DM), karena sering berujung pada kecacatan karena tingginya angka amputasi dan bahkan kematian. WHO merekomendasikan klasifikasi Perfusion, Extent/Size, Depth/Tissue Loss, Infection, Sensation (PEDIS) sebagai sarana penegakkan diagnosis dan membantu menentukan tatalaksana KD. Pada beberapa studi yang menggunakan klasifikasi PEDIS dapat memprediksi perlunya perawatan kasus KD di RS dan perkiraan angka amputasi yang hanya di tinjau dari aspek Infection saja. Namun hubungan kriteria PEDIS secara keseluruhan yang dapat memengaruhi outcome belum diketahui. Atas dasar itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui gambaran KD berdasarkan penilaian PEDIS yang dilakukan tindakan débridement. Metode penelitian: Kohort retrospektif. Hasil penelitian: Didapatkan hubungan bermakna kriteria PEDIS dengan sembuh tidak diamputasi; Perfusi derajat 1 [OR=38,46; p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Dogma. H. Sirirui - Nama Orang
Raden Suhartono - Nama Orang
Grace Wangge - Nama Orang

No. Panggil
T 15 306 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Bedah.,
Deskripsi Fisik
x, 37 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15306FKT15306FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Karakteristik Kaki Diabetik Di Hubungkan Dengan Penilaian “PEDIS” Yang Dilakukan Débridement di Divisi Bedah Vaskular RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo = Characteristic of Diabetic Foot in Association with “PEDIS” Assessment as do débridement in The Division Vascular Surgery RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.

Related Collection