Tesis

Efek Kuersetin terhadap Jantung Tikus Pasca Nefrektomi 5/6 : Tinjauan pada Fibrosis dan Stres Oksidatif = The Effect of Quercetin on Heart Tissue in Rat with 5/6 Nephrectomy: Overview on Fibrosis and Oxidative Stress.

Latar Belakang: Kardiomiopati uremikum adalah kelainan jantung yang didasari oleh kelainan pada ginjal dan merupakan penyebab kematian tertinggi pada pasien penyakit ginjal kronik (PGK). Overload cairan dan stres oksidatif berperan dalam patogenesis penyakit ini. Kuersetin adalah antioksidan yang bersifat kardioprotektif, namun belum ada data tentang efeknya pada kardiomiopati uremikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek kuersetin pada kardiomiopati uremikum menggunakan model nefrektomi 5/6 pada tikus. Metode: Uremia diinduksi pada 3 kelompok tikus jantan Sprague-Dawley dengan nefrektomi 5/6, satu kelompok kontrol tanpa nefrektomi 5/6, masing-masing 6 ekor/kelompok dan diamati selama 8 minggu. Kelompok SNX tidak diberi pengobatan. Kelompok SNX+Q mendapat quersetin per oral dengan dosis 100 mg/kgBB/hari dan kelompok SNX+Cap mendapat kaptopril 10 mg/kgBB/hari. Hewan uji dikorbankan untuk diukur kadar malondialdehid (MDA) plasma dan jantung, aktivitas glutation peroksidase (GPX) jantung, NT-proBNP plasma, dan fibrosis jantung. Data dianalisis dengan uji ANOVA. Hasil: Nefrektomi 5/6 menimbulkan sedikit fibrosis jantung, tidak mempengaruhi NTproBNP,tidak mempengaruhi MDA jantung dan plasma dan meningkatkan secara bermakna aktivitas GPX jantung (p0.05), tidak mempengaruhi MDA jantung dan plasma (p>0.05) dan tidak mempengaruhi aktivitas GPX jantung pada tikus uremia yang diinduksi dengan nefrektomi 5/6 (p>0.05). Kesimpulan: Kuersetin tidak mempengaruhi fibrosis jantung dan fungsi jantung tikus uremia pasca nefrektomi 5/6. Peningkatan secara bermakna aktivitas GPX jantung pada semua kelompok pasca nefrektomi 5/6 (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Tri Yuliani - Nama Orang
Melva Louisa - Nama Orang
Wawaimuli Arozal - Nama Orang

No. Panggil
T 15 292 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Magister Ilmu Biomedik.,
Deskripsi Fisik
xv, 49 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15292FKT15292FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efek Kuersetin terhadap Jantung Tikus Pasca Nefrektomi 5/6 : Tinjauan pada Fibrosis dan Stres Oksidatif = The Effect of Quercetin on Heart Tissue in Rat with 5/6 Nephrectomy: Overview on Fibrosis and Oxidative Stress.

Related Collection