Tesis

Efek Terapi Kombinasi Akupunktur dengan Antidepresan Terhadap Perubahan Skor Hamilton Rating Scale For Depression 17 (Ham-D 17) Pada Gangguan Depresi Mayor = The therapeutic Effect of Acupuncture Combined with Antidepressants to Changes Hamilton Rating Scale for Depression 17 (HAM-D 17) in Major Depressive Disorder.

Gangguan depresi mayor merupakan suatu gangguan kejiwaan ditandai dengan kemurungan, ketiadaan gairah hidup, perasaan tidak berguna dan putus asa dan mengalami minimal empat dari gejala berikut yaitu perubahan berat badan dan nafsu makan, perubahan tidur dan aktivitas, tidak ada energi, rasa bersalah, masalah dalam berfikir dan membuat keputusan, berfikir berulang tentang kematian dan bunuh diri tampa riwayat episode manik, campuran atau hipomanik, sekurang-kurangnya telah dirasakan selama 2 minggu. Survei kesehatan mental dunia pada 17 negara menemukan sekitar 1 dari 20 orang dilaporkan menderita episode depresi setiap tahunnya, paling sering terjadi adalah gangguan depresi mayor. Pengobatan dengan farmakoterapi golongan antidepresan hanya menunjukkan efektifitas 60-70% disertai efek samping yang serius sehingga berbagai modalitas terapi dikembangkan, salah satunya akupunktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas terapi kombinasi akupunktur dengan antidepresan dibandingkan kombinasi akupunktur sham dengan antidepresan terhadap perubahan skor Hamilton Rating Scale for Depression (HAM-D 17) pada penderita gangguan depresi mayor. Uji klinis acak tersamar tunggal dilakukan pada 48 pasien gangguan depresi mayor dialokasikan ke dalam kelompok kombinasi akupunktur dengan antidepresan dan kelompok kombinasi akupunktur sham dengan antidepresan. Penilaian kemajuan terapi digunakan skor HAM-D 17. Hasil penelitian menunjukkan rerata skor HAM-D 17 pada kelompok kasus sebelum terapi 22,2±3,38 dan setelah terapi ke-12 turun menjadi 7,3±2,64. Sedangkan pada kelompok kontrol rerata skor HAM-D 17 sebelum terapi 21,4±3,10 dan setelah terapi ke-12 turun menjadi 9,3±3,33. Terdapat perbedaan bermakna antara selisih rerata penurunan skor HAM-D 17 sebelum dan setelah 12 kali terapi pada kelompok kasus 14,9±2,45 dibandingan dengan kelompok kontrol 12,2±4,30 (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Asniyati Almi - Nama Orang
Hasan Mihardja - Nama Orang
Adiningsih Srilestari - Nama Orang
Nurmiati Amir - Nama Orang

No. Panggil
T 15 277 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Akupunktur Medik.,
Deskripsi Fisik
xv, 68 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15277FKT15277FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efek Terapi Kombinasi Akupunktur dengan Antidepresan Terhadap Perubahan Skor Hamilton Rating Scale For Depression 17 (Ham-D 17) Pada Gangguan Depresi Mayor = The therapeutic Effect of Acupuncture Combined with Antidepressants to Changes Hamilton Rating Scale for Depression 17 (HAM-D 17) in Major Depressive Disorder.

Related Collection