Tesis

Efek Penggunaan Bahan Tandur Tulang Demineralized Freeze Dried Bone Xenograft (DFDBX) dan Membran Perikardium pada Penyembuhan Defek Tulang Kalvaria Tikus Sprague Dawley : Evaluasi Radiologik, Histopatologik dan Imunohistokimia = The Effect of Application of Demineralized Freeze Dried Bone Xenograft and Pericardium Membrane in Bone Regeneration of Bone Calvarial Defect of Sprague Dawley Rat: Radiological, Histopathological andImunohistochemistryEvaluation.

Latar Belakang : Penggunaan biomaterial berupa bahan tandur tulang dan membran untuk prosedur Guided Bone Regeneration (GBR) sangat diperlukan di bidang bedah maksilofasial dan dental untuk mengatasi defek tulang yang dapat terjadi karena berbagai sebab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek pemakaian bahan tandur tulang DFDBX dengan membran perikardium (MPK) sapi pada defek tulang kalvaria tikus. Bahan dan Metode : Studi eksperimental ini menggunakan 45 ekor tikus Sprague Dawley sebagai hewan coba, dibagi dalam 3 kelompok secara acak. Ciritical size defect sebesar diameter 5 mm dibuat pada tulang kalvaria seluruh hewan coba. Kelompok I merupakan kelompok kontrol, tidak diberikan perlakuan dan defek dibiarkan sembuh dengan sendirinya, kelompok II yang diberi DFDBX, dan pada kelompok III defek diisi dengan DFDBX dan ditutup dengan MPK (DFDBX+MPK). Setelah 1,4 dan 8 minggu dilakukan dilakukan pengorbanan pada kelompok hewan coba, dilanjutkan dengan evaluasi secara radiologik, histopatologik untuk reaksi radang, pertumbuhan tulang dan pemeriksaan imunohistokimia dengan osteokalsin. Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji ANOVA. Hasil : Penilaian radiografik diperoleh perbedaan bermakna pada rerata densitas area defek minggu ke 8 antara kelompok kontrol dengan DFDBX+MPK (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Paramita Pandansari - Nama Orang
Nurjati Chairani Siregar - Nama Orang
Deni Noviana - Nama Orang

No. Panggil
T 15 258 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Patologi Anatomik.,
Deskripsi Fisik
xix, 74 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15258FKT15258FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efek Penggunaan Bahan Tandur Tulang Demineralized Freeze Dried Bone Xenograft (DFDBX) dan Membran Perikardium pada Penyembuhan Defek Tulang Kalvaria Tikus Sprague Dawley : Evaluasi Radiologik, Histopatologik dan Imunohistokimia = The Effect of Application of Demineralized Freeze Dried Bone Xenograft and Pericardium Membrane in Bone Regeneration of Bone Calvarial Defect of Sprague Dawley Rat: Radiological, Histopathological andImunohistochemistryEvaluation.

Related Collection