Tesis

Isolasi, Purifikasi, dan Studi Imunogenitas Protein Rekombinan Resucitation Promoting Factor B (RpfB) Mycobacterium tuberculosis secara Invitro pada Splenosit Mencit = Isolation, Purification, and Immunogenicity of Resucitation Promoting Factor B (RpfB) recombinant protein of Mycobacterium tuberculosis on Mice Splenocytes.

Mortalitas yang disebabkan oleh Tuberkulosis (TB) masih tinggi dan saat ini hanya tersedia vaksin BCG untuk mencegah TB. Lebih dari 90 % individu yang terinfeksi adalah laten, bakteri dalam kondisi tersebut dorman, namun dapat terjadi reaktivasi saat imunitas melemah atau bakteri mengalami resusitasi. Vaksin BCG menunjukkan efikasi yang bervariasi pada orang dewasa dan tidak dapat mencegah reaktivasi pada TB laten. Protein RpfB yang disekresikan M. tuberculosis dalam tahap resusitasi diketahui imunogenik, sehingga berpotensi dikembangkan sebagai kandidat vaksin TB. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi, mempurifikasi, dan mengetahui imunogenitas protein rekombinan RpfB hasil konstruksi Departemen Mikrobiologi FK UI secara invitro pada splenosit mencit. Protein rekombinan RpfB diekpresikan dalam strain bakteri MRB4 (E. coli BL21 pGEX6p-1 RpfB). Protein diekstraksi dengan sonikasi dan sentrifugasi bertahap kemudian disolubilisasi dengan dapar urea 8M. Protein direnaturasi dalam dapar refolding kemudian diisolasi dengan kolom kromatografi afinitas terhadap GST. Keberadaaan protein dikonfirmasi dengan SDS-PAGE dan Western Blot kemudian dihitung konsentrasinya menggunakan metode Bradford. Uji imunogenitas dilakukan secara invitro menggunakan kultur splenosit mencit yang distimulasi masing-masing dengan 25 μg/ml protein rekombinan RpfB, 25 μg/ml protein GST, 1-2 % mitogen PHA, dan satu kelompok kultur tidak stimulasi sebagai kontrol negatif. Selanjutnya dilakukan booster pada jam ke-24 dan ke-72. Supernatan kultur splenosit dikoleksi pada jam ke-96 kemudian digunakan untuk menganalisis respon IFNγ, IL-12, IL-4, dan IL-10 dengan kit ELISA. Perbedaan respon yang dihasilkan dianalisis secara statistika menggunakan uji T independen pada nilai P

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Burhannuddin - Nama Orang
Andriansjah Rukmana - Nama Orang
Fithriyah - Nama Orang

No. Panggil
T 15 261 FK
Penerbit
Jakarta : Program Megister Ilmu Biomedik.,
Deskripsi Fisik
xvi, 80 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15261FKT15261FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Isolasi, Purifikasi, dan Studi Imunogenitas Protein Rekombinan Resucitation Promoting Factor B (RpfB) Mycobacterium tuberculosis secara Invitro pada Splenosit Mencit = Isolation, Purification, and Immunogenicity of Resucitation Promoting Factor B (RpfB) recombinant protein of Mycobacterium tuberculosis on Mice Splenocytes.

Related Collection