Tesis

Efektifitas Metformin Dalam Memperbaiki Nilai Flow Mediated Dilatation pada Subjek Hipertensi dengan Pre-Diabetes = Metformin’s Pleiotrophic Efect of Improving Endothelial Function in Hypertensive and Prediabetic subjects; a 3 months follow-up study.

Latar belakang. Patogenesis dari pre-diabetes terhadap vascular sudah terjadi sejak awal sebelum ada manifestasi klinis sehingga sudah seharusnya ditatalaksana sejak awal untuk mencegah komplikasi lanjut. Metformin sebagai terapi antihiperglikemik oral memiliki efek pleiotropik yang dapat memperbaiki disfungsi endotel pada keadaan resistensi insulin. Metode. Penelitian ini merupakan suatu studi longitudinal observasi-intervensi non randomisasi. Observasi dilakukan pada 62 pasien hipertensi dan IGT di Pusat Jantung Nasional Harapan Kita dari bulan Agustus 2014 hingga bulan Januari 2015. Pasien dibagi menjadi tiga kelompok yaitu plasebo (n=18 orang), kelompok metformin 1x500 mg (n=21 orang) dan kelompok metformin 2x500 mg (n=23 orang). Pemeriksaan FMD diambil dua kali (0 dan 3 bulan). Dilakukan analisis statistik untuk menilai efek pemberian Metformin yang dinilai dengan delta FMD dan melihat perbandingan efektifitas dosis 1x500 mg dibandingkan dengan dosis 2x500 mg. Hasil. Tidak terdapat perbedaan bermakna pada data dasar ketiga kelompok dalam hal umur, jenis kelamin dan terapi hipertensi yang diberikan. Nilai delta FMD menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelompok Metformin 2x500 mg (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Lia Valentina Astari - Nama Orang
Nani Hersunarti - Nama Orang
Iwan Dakota - Nama Orang
Barita Sitompul - Nama Orang

No. Panggil
T 15 254 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah.,
Deskripsi Fisik
xiii, ....
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15254FKT15254FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efektifitas Metformin Dalam Memperbaiki Nilai Flow Mediated Dilatation pada Subjek Hipertensi dengan Pre-Diabetes = Metformin’s Pleiotrophic Efect of Improving Endothelial Function in Hypertensive and Prediabetic subjects; a 3 months follow-up study.

Related Collection