Tesis

Gambaran Kadar Serum Asam Folat Pada Orang Dengan Epilepsi yang Menggunakan Obat Anti Epilepsi Generasi Lama = Serum levels of Folate in people with epilepsy using first generation anti-epileptic drugs.

Latar Belakang.. Obat Anti Epilepsi (OAE) generasi lama banyak digunakan di Rumah Sakit sebagai terapi epilepsi. Beberapa studi terdahulu telah mengonfirmasi bahwa terapi OAE generasi lama terasosiasi dengan penurunan rerata kadar serum asam folat. Penurunan kadar serum asam folat ini berhubungan dengan anemia, defisit kognitif, penyakit vaskular, kanker, gangguan psikiatri, aborsi spontan dan malformasi kongenital. Oleh karena itu, maka dilakukan penelitian mengenai kadar serum folat pada ODE yang menggunakan OAE generasi lama di Indonesia. Metode. Desain penelitian adalah potong lintang untuk mengetahui gambaran kadar serum asam folat ODE pengguna OAE generasi lama (fenitoin, fenobarbital, karbamazepin dan asam valproat) jika dibandingkan dengan populasi normal serta kaitan dengan asupan. Subyek penelitian sejumlah 75 orang didapatkan di poli rawat jalan RSUPN Cipto Mangunkusumo dan Yayasan Epilepsi Indonesia yang dibandingkan dengan 76 orang populasi normal. Dilakukan wawancara pola makan melalui metode food recall, pemeriksaan laboratorium kadar folat. Hasil. Didapatkan kadar rerata serum asam folat sebesar 9.95 + 3.61 ng/mL pada ODE pengguna OAE generasi lama. Populasi normal didapatkan kadar rerata 4.59 + 2.4 ng/mL (p=

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Henry Riyanto - Nama Orang
Fitri Oktaviana - Nama Orang
Ninik Mudjihartini - Nama Orang
Joedo Prihartono - Nama Orang

No. Panggil
T 15 251 FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Neurologi.,
Deskripsi Fisik
xix, 84 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15251FKT15251FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Gambaran Kadar Serum Asam Folat Pada Orang Dengan Epilepsi yang Menggunakan Obat Anti Epilepsi Generasi Lama = Serum levels of Folate in people with epilepsy using first generation anti-epileptic drugs.

Related Collection