Tesis

EFEK PERBAIKAN SESAK NAPAS PADA KANKER PARU DENGAN PEMBERIAN MORFIN ORAL LEPAS LAMBAT SECARA TITRASI = IMPROVEMENT OF DYSPNEA BY TITRATING SUSTAINED RELEASE ORAL MORPHINE IN LUNG CANCER.

Latar Belakang : Sesak napas merupakan keluhan utama pada kanker paru. Obat golongan opioid seperti morfin dapat digunakan untuk mengurangi keluhan sesak napas. Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan efek pengurangan sesak napas dengan pemberian morfin oral lepas lambat 2x10 mg dan 2x30 mg, serta efek samping yang ditimbulkan. Metode : Penelitian uji klinis dengan subjek pasien kanker paru dengan membandingkan keluhan sesak napas sebelum dan sesudah pemberian morfin oral 2x10 mg selama 2 hari dan dilanjutkan dengan 2x30 mg selama 2 hari. Derajat sesak dinilai dengan menggunakan skor sesak modified Borg’s dyspnea scale dan Visual Analog Scale (VAS) untuk sesak. Efek samping dipantau selama pemberian obat. Hasil : Tiga puluh tiga peserta penelitian dengan 27 laki-laki (81,8%), jenis kanker paru adenokarsinoma 25 orang (75,8%). Terdapat perbaikan keluhan sesak napas setelah morfin 2x10 mg pada 18 dari 33 peserta (54,5%) dengan penurunan rata-rata skor sesak Borg dan VAS sebanyak 0,70 dan 6,72 dengan p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Vinci Edy Wibowo - Nama Orang
Jamal Zaini - Nama Orang
Elisna Syahruddin - Nama Orang

No. Panggil
T 15 233 FK
Penerbit
Jakarta : .,
Deskripsi Fisik
xi, 47 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15233FKT15233FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of EFEK PERBAIKAN SESAK NAPAS PADA KANKER PARU DENGAN PEMBERIAN MORFIN ORAL LEPAS LAMBAT SECARA TITRASI = IMPROVEMENT OF DYSPNEA BY TITRATING SUSTAINED RELEASE ORAL MORPHINE IN LUNG CANCER.

Related Collection