Tesis

Potensi, Karakteristik, dan Diferensiasi Sel Punca Mesenkimal Sumsum Tulang Krista Iliaka Pasien Lupus Eritematosus Sistemik yang Menderita Nekrosis Avaskular Kaput Femur = Potency, Characteristic, and Differentiation of Iliac Crest Bone Marrow-Derived Mesenchymal Stem Cell of Systemic Lupus Erythematosus Patients Complicated with Avascular Necrosis of Femoral Head.

Pendahuluan. Sel punca mesenkimal (SPM) sangat menjanjikan dalam bidang rekayasa jaringan karena sifatnya yang multipoten, cepat berproliferasi, dan berkemampuan tinggi untuk beregenerasi. SPM sumsum tulang dapat menjadi terapi pilihan nekrosis avaskular (AVN) kaput femur yang banyak diderita oleh pasien lupus eritematosus sistemik (LES) pada masa sekarang ini. SPM sumsum tulang penderita LES mengalami gangguan fenotip, proliferasi, diferensiasi. Terapi SPM pada AVN kaput femur dapat menggunakan donor otologus yang dilaporkan memberikan hasil luaran yang baik dan keamanan yang signifikan. Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk mengetahui potensi, karakteristik, dan diferensiasi SPM sumsum tulang pasien LES yang dihubungkan dengan usia. Metode. Penelitian ini adalah penelitian in vitro yang meneliti 4 subjek penderita LES di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta. Aspirat SPM sumsum tulang dilakukan isolasi, ekspansi dan diferensiasi. Analisis statistik menggunakan uji korelasi spearman untuk melihat hubungan usia pasien LES dengan waktu konfluensi, jumlah sel konfluens dan waktu diferensiasi osteogenik, kondrogenik, dan adipogenik. Hasil dan Diskusi. Rerata jumlah sel konfluens adalah 7.44 x 10 sel/ml, rerata waktu konfluens adalah 20.75 ± 4.99 hari, median waktu diferensiasi adipogenik yaitu 17.5 hari (rentang 14-21), waktu diferensiasi osteogenik dan kondrogenik yaitu 21 hari. Terdapat korelasi positif bermakna antara usia penderita LES dengan waktu konfluens SPM (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Sukry Asdar Putra Hasibuan - Nama Orang
Ismail HD - Nama Orang

No. Panggil
T 15 225 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Orthopaedi dan Traumatologi.,
Deskripsi Fisik
xv, 64 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15225FKT15225FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Potensi, Karakteristik, dan Diferensiasi Sel Punca Mesenkimal Sumsum Tulang Krista Iliaka Pasien Lupus Eritematosus Sistemik yang Menderita Nekrosis Avaskular Kaput Femur = Potency, Characteristic, and Differentiation of Iliac Crest Bone Marrow-Derived Mesenchymal Stem Cell of Systemic Lupus Erythematosus Patients Complicated with Avascular Necrosis of Femoral Head.

Related Collection