Tesis

Perbaikan Pola Sirkadian Tekanan Darah Donor Ginjal Dengan Ambulatory Blood Pressure Monitoring Pada 12 Minggu Pasca Nefrektomi = Normalization of Blood Pressure Circadian Rhythm in Kidney Donors within 12 Weeks Post Nephrectomy.

Latar Belakang : Isu yang berkembang pada donor ginjal hidup adalah penurunan fungsi ginjal dan terjadinya hipertensi setelah dilakukan nefrektomi. Satu minggu setelah nefrektomi pola tekanan darah sirkadian berubah menjadi non dipper. Selanjutnya terjadi kompensasi sehingga fungsi ginjal akan stabil dalam 12 minggu. Namun belum diketahui apakah perbaikan fungsi ginjal akan diikuti oleh pola tekanan darah sirkadian kembali menjadi dipper. Tujuan : Untuk mengetahui perubahan pola sirkadian tekanan darah donor ginjal hidup setelah 12 minggu nefrektomi unilateral. Metode Penelitian : Studi Pre-experimental dengan before and after design. Subyek sebanyak 18 orang donor ginjal hidup sehat yang berusia 18-50 tahun . Peneltian dilakukan di RSCM pada bulan Januari 2015 sampai dengan Mei 2015. Tekanan darah diukur dengan 24 jam ABPM . Pemeriksaan kreatinin darah, eLFG epi dan uACR dilakukan sebelum nefrektomi, pada 1 minggu dan 12 minggu setelah nefrektomi. Hasil :Terdapat 18 subyek yang memiliki pola dipper sebelum dilakukan nefrektomi unilateral. Tujuh belas subyek mengalami pola non dipper setelah 1 minggu nefrektomi. Pada 12 minggu setelah nefrektomi 16 diantaranya kembali menjadi pola dipper yang bermakna secara statistik (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Hasan Basri - Nama Orang
Endang Susalit - Nama Orang
Cleopas Martin Rumende - Nama Orang
Dharmeizar - Nama Orang

No. Panggil
T 15 178 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xvii, 41 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15178FKT15178FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbaikan Pola Sirkadian Tekanan Darah Donor Ginjal Dengan Ambulatory Blood Pressure Monitoring Pada 12 Minggu Pasca Nefrektomi = Normalization of Blood Pressure Circadian Rhythm in Kidney Donors within 12 Weeks Post Nephrectomy.

Related Collection