Tesis

Insidens hiponatremia pascaoperasi mayor pada anak di ruang perawatan intensif = Incidence of postoperative hyponatremia in pediatric intensive care unit.

Latar belakang: Hiponatremia pasca tindakan operasi mayor pada populasi anak merupakan gangguan elektrolit yang sering terjadi. Penggunaan cairan yang belum tepat sering menimbulkan peningkatan kejadian hiponatremia yang berhubungan erat dengan meningkatnya berbagai komplikasi seperti edema otak, kejang, bahkan kematian. Populasi anak merupakan risiko tinggi karena perbandingan jaringan otak dan tulang tengkorak yang lebih besar sehingga ruang yang tersedia saat terjadi edema otak lebih sempit. Tujuan: Mengetahui insidens hiponatremia pada anak pasca tindakan operasi mayor. Metode: Studi retrospektif potong lintang dilakukan terhadap anak usia 1 bulan hingga 18 tahun yang menjalani tindakan operasi mayor dan masuk ruang perawatan intensif. Penelusuran status medik sesuai kriteria inklusi dilakukan sampai jumlah sampel terpenuhi. Pencatatan terhadap subjek yang meliputi data praoperasi, intraoperasi, serta pemantauan pascaoperasi dilakukan. Subjek yang memenuhi definisi hiponatremia (

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Nathanne Septhiandi - Nama Orang
Rismala Dewi - Nama Orang
Piprim B. Yanuarso - Nama Orang

No. Panggil
T 15 185 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
xiv, 42 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15185FKT15185FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Insidens hiponatremia pascaoperasi mayor pada anak di ruang perawatan intensif = Incidence of postoperative hyponatremia in pediatric intensive care unit.

Related Collection