Tesis

Hubungan Usia Coitarche, Posisi Berhubungan Seksual, dan Penggunaan Pelumas Seks dengan Kepositifan Serologik Sifilis pada Laki-laki yang Berhubungan Seksual dengan Laki-laki di Jakarta = Correlation between Coitarche Age, Sex Position, and Sex Lubricant Use with Syphilis Seropositivity among Men Who Have Sex with Men in Jakarta.

Latar belakang: Dalam beberapa tahun terakhir, banyak negara melaporkan peningkatan infeksi sifilis pada laki-laki yang berhubungan seksual dengan laki-laki (LSL). Kejadian ini dikaitkan dengan jumlah LSL yang meningkat pesat dan perilaku seksual mereka yang berisiko tinggi. Sifilis menjadi masalah penting karena sifilis meningkatkan penularan HIV. Beberapa penelitian terdahulu menemukan faktor risiko infeksi sifilis antara lain memiliki banyak pasangan seksual, tidak konsisten memakai kondom, memiliki riwayat infeksi menular seksual (IMS), dan berhubungan seks di bawah pengaruh obat-obatan. Peran faktor risiko lain yang terkait perilaku seksual perlu diklarifikasi. Tujuan: Mengetahui hubungan usia coitarche, posisi berhubungan seksual, dan penggunaan pelumas seks dengan kepositifan serologik sifilis pada LSL di Jakarta. Metode: Penelitian dengan rancangan kasus kontrol, yang berlangsung dari bulan Januari hingga Maret 2015 di Puskesmas Pasar Rebo, Jakarta. Sebanyak 116 subjek terbagi atas dua kelompok, yaitu LSL dengan hasil tes serologik sifilis positif dan negatif, dengan jumlah yang sama disetiap kelompok. Semua subjek diwawancara langsung mengenai beberapa perilaku seksual dan dilakukan pengambilan darah yang diperiksa dengan rapid plasma reagin dan rapid syphilis test. Hasil: Faktor risiko yang berhubungan bermakna dengan analisis multivariat adalah usia coitarche anogenital muda (p=0,001, OR=1,211, IK95%=1,084-2,634), posisi reseptif anal (p=0,006, OR=8,044, IK95%=1,811-35,720), dan penggunaan pelumas seks pada penis pasangan seksual (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Conny Melly Rosdiana - Nama Orang
Rahadi Rihatmadja - Nama Orang
Aida SD Suriadiredja - Nama Orang

No. Panggil
T 15 147 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin.,
Deskripsi Fisik
xvi, 76 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15147FKT15147FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Usia Coitarche, Posisi Berhubungan Seksual, dan Penggunaan Pelumas Seks dengan Kepositifan Serologik Sifilis pada Laki-laki yang Berhubungan Seksual dengan Laki-laki di Jakarta = Correlation between Coitarche Age, Sex Position, and Sex Lubricant Use with Syphilis Seropositivity among Men Who Have Sex with Men in Jakarta.

Related Collection