Skripsi

Hubungan Bahan Bersarang Alami dan Nonalami Terhadap Keberadaan Tungau Debu Rumah di Pasar Rebo-Jakarta Timur dan Pamulang-Tangerang Selatan = Association between natural and non-natural materials with House Dust Mites in Pasar Rebo, North Jakarta and Pamulang, South Tangerang.

Tungau Debu Rumah (TDR) merupakan aeroalergen utama yang dapat memicu reaksi alergi pada penyakit atopi seperti dermatitis atopi, asma, dan rhinitis alergi. TDR dapat ditemukan di berbagai tempat bersarang baik alami maupun nonalami di dalam rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan bahan alami dan nonalami terhadap keberadaan TDR. Dengan menggunakan desain cross-sectional, penelitian ini dilakukan di Pasar Rebo (Jakarta Timur) dan Pamulang (Tangerang Selatan) pada November 2013 sampai Februari 2014. Data demografi penduduk diperoleh melalui kuesioner. Sampel debu rumah diambil dari bahan alami, yaitu kapuk dan nonalami, yaitu karpet, kasur busa, sofa, dan spring bed. Deteksi spesies TDR pada debu tersebut dilakukan dengan teknik langsung menggunakan mikroskop. Dari hasil penelitian didapatkan 207 sampel debu rumah dari 96 responden (Pasar Rebo = 44 Sampel dan Pamulang = 52 sampel). Spesies TDR yang ditemukan di Pasar Rebo adalah Dermatophagoides pteronyssinus (Dp) dan Glyciphagus destructor (Gd), sedangkan spesies TDR yang ditemukan di Pamulang adalah Dp, D.ferinae (Df), dan Gd. Dp merupakan spesies dominan pada bahan alami dan nonalami. Secara statistik, terdapat hubungan bermakna antara jenis bahan dengan keberadaan TDR (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Fitriahati Setiyarizki - Nama Orang
Rizal Subahar - Nama Orang

No. Panggil
S 15 028 FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiii, 42 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 15 028 FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15028FKS 15 028 FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Bahan Bersarang Alami dan Nonalami Terhadap Keberadaan Tungau Debu Rumah di Pasar Rebo-Jakarta Timur dan Pamulang-Tangerang Selatan = Association between natural and non-natural materials with House Dust Mites in Pasar Rebo, North Jakarta and Pamulang, South Tangerang.

Related Collection