Skripsi

Korelasi Antara Indikator Zat Besi dengan Asupan Zat Besi pada Ibu Hamil Trimester Pertama = Correlation between Iron Indicator and Iron Uptake in First Trimester Pregnant Women.

Masa-masa kehamilan merupakan masa-masa penting bagi ibu dan bayi yang dikandungnya. Pada masa kehamilan, kebutuhan nutrisi ibu meningkat, termasuk kebutuhan zat besi. Apabila tidak terpenuhi, defisiensi zat besi meningkatkan risiko kelahiran preterm dan bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara asupan zat besi dengan indikator zat besi pada ibu hamil trimester pertama. Metode penelitian yang digunakan adalah crosssectional dengan mengukur data sekunder dalam satu waktu. Asupan zat besi dihitung dengan metode food frequency questionnaire. Indikator zat besi yang diperiksa meliputi kadar hemoglobin, kadar ferritin, jumlah eritrosit dan nilai MCV. Data penelitian dianalisis dengan uji normalitas data Kolmogorov-Smirnov dan uji korelasi Spearman dengan SPSS versi 20.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 35,5% responden obese dan 19,4% memiliki berat badan lebih. Responden dengan asupan zat besi rendah sebesar 82,3% . Hasil penelitian ini untuk indikator zat besi menunjukkan bahwa 11,3% responden menderita anemia (Hb< 11 mg/dL), 27,4% responden memiliki jumlah eritrosit rendah (

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Afifan Ghalib Haryawan - Nama Orang
Saptawati Bardosono - Nama Orang

No. Panggil
S 15 045 FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiii, 33 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 15 045 FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15045FKS 15 045 FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Korelasi Antara Indikator Zat Besi dengan Asupan Zat Besi pada Ibu Hamil Trimester Pertama = Correlation between Iron Indicator and Iron Uptake in First Trimester Pregnant Women.

Related Collection