Skripsi

Efek Antioksidan Ekstrak Air Syzygium Aromaticum Terhadap Fungsi Hati Tikus yang Diinduksi CCl4 dengan Indikator Aktivitas enzim Alanin Transaminase Serum = The Antioxidant effects of Syzygium aromaticum Water Extract on Rats’ CCl4-induced Liver Function Indicated by Alanin Transaminase Serum Activity .

Radikal bebas dalam tubuh manusia dapat mengakibatkan kerusakan sel terutama sel hati karena hati merupakan organ yang memiliki fungsi eliminasi radikal bebas dalam tubuh. Dalam mekanisme eliminasi tersebut, dibutuhkan zat yang bersifat antioksidan. Syzygium aromaticum atau cengkih mengandung eugenol yang diduga dapat berperan sebagai antioksidan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas ekstrak cengkih sebagai antioksidan dalam perbaikan fungsi hati dengan indikator aktivitas enzim ALT dan pengaruh perbedaan jangka waktu pemberian. Penelitian ini menggunakan uji eksperimental yang dilakukan dengan memberi perlakuan berbeda pada 6 kelompok tikus yang sebelumnya diinduksi kerusakan hatinya dengan CCl , yaitu sebagai kontrol positif dengan tokoferol, kontrol negatif tanpa perlakuan, dan kelompok sisanya dengan ekstrak cengkih dosis 200mg/kgBB selama 1 hari, 3 hari, 5 hari, dan 7 hari. Hasil penelitian menunjukan penurunan aktivitas enzim ALT yang bermakna, yaitu p=0,007 (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Annisa Windyani - Nama Orang
Ani Retno Prijanti - Nama Orang

No. Panggil
S 15 051 FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xii, 34 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 15 051 FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15051FKS 15 051 FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efek Antioksidan Ekstrak Air Syzygium Aromaticum Terhadap Fungsi Hati Tikus yang Diinduksi CCl4 dengan Indikator Aktivitas enzim Alanin Transaminase Serum = The Antioxidant effects of Syzygium aromaticum Water Extract on Rats’ CCl4-induced Liver Function Indicated by Alanin Transaminase Serum Activity .

Related Collection