Skripsi

Pengaruh Pekerjaan dan Tingkat Pendidikan Orangtua terhadap Prevalensi Soil-transmitted Helminths pada Keluarga Siswa Sekolah Dasar di Kalibaru dan Batuampar, Jakarta = The effect of parental occupation and education level on the prevalence of soil-transmitted helminths in elementary school students' families in Kalibaru and Batuampar, Jakarta.

Latar Belakang: Di Indonesia, angka prevalensi infeksi Soil-transmitted helminths masih cukup tinggi, terutama di populasi siswa sekolah dasar dan yang menjadi faktor risiko utama terjadinya infeksi adalah faktor sosioekonomi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara pekerjaan dan tingkat pendidikan orangtua terhadap infeksi STH di keluarga siswa Sekolah Dasar. Metode: Penelitian ini dilakukan menggunakan desain potong-lintang (crosssectional).
Data pekerjaan dan pendidikan orangtua diperoleh melalui kuesioner. Status infeksi tinja diperoleh melalui pemeriksaan sampel tinja yang dikumpulkan oleh siswa SD Kalibaru (Jakarta Utara) dan MI Al Amin Batuampar (Jakarta Timur), serta keluarganya. Pemeriksaan sampel tinja menggunakan metode Katokatz.
Hasil: Dari 207 keluarga yang memenuhi kriteria inklusi, didapatkan prevalensi STH pada keluarga siswa sekolah dasar di Kalibaru adalah sebesar 64,8% dan pada siwa sekolah dasar di Batuampar adalah sebesar 10,4%. Tidak didapatkan hubungan antara pekerjaan bapak dengan infeksi STH di keluarga (p=0,052; p>0,05) dengan OR=2,46, 95% CI = 0,97-6,20. Tidak didapatkan hubungan yang bermakna antara pekerjaan ibu dengan infeksi STH di keluarga (p=0,512; p>0,05) dengan OR=1,041, 95% CI = 0,511-2,12. Tingkat pendidikan bapak yang rendah menjadi faktor risiko infeksi STH di keluarga (p=0,001; p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Fredy Rodeardo Maringga - Nama Orang
Rizal Subahar - Nama Orang

No. Panggil
S 15 052 FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiii, 72 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 15 052 FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15052FKS 15 052 FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Pekerjaan dan Tingkat Pendidikan Orangtua terhadap Prevalensi Soil-transmitted Helminths pada Keluarga Siswa Sekolah Dasar di Kalibaru dan Batuampar, Jakarta = The effect of parental occupation and education level on the prevalence of soil-transmitted helminths in elementary school students' families in Kalibaru and Batuampar, Jakarta.

Related Collection