Skripsi

Pola Infeksi Soil-Transmitted Helminths pada Anggota Keluarga Siswa Sekolah Dasar Di Kalibaru dan Batu Ampar = The Pattern of Soil-Transmitted Helminths Infection in Families of Elementary School Students in Kalibaru and Batu Ampar.

Salah satu anggota keluarga terinfeksi soil-transmitted helminthes (STH) merupakan faktor risiko infeksi STH terutama di daerah endemis. Penelitian pola infeksi STH pada keluarga belum banyak diteliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola infeksi STH pada keluarga di Kalibaru, Jakarta Utara dan Batu Ampar, Jakarta Timur. Penelitian ini berdesain cross-sectional yang dilakukan di SD 07 Pagi Kalibaru dan SDI Al-Amin Batu Ampar pada Juni 2012- September 2014. Sampel penelitian sebanyak 118 keluarga (84 keluarga di Kalibaru dan 34 keluarga di Batu Ampar). Diagnosis STH dengan metode Kato-Katz. Data sosioekonomi keluarga diperoleh dengan kuesioner. Prevalensi A. lumbricoides pada siswa SD, ayah, dan ibu di Kalibaru berturut-turut 34,8%, 25,8%, dan 28,4%. Prevalensi T. trichiura berturut-turut 47%, 12,1%, dan 10,2%. Berbeda dengan di Batu Ampar, prevalensi A. lumbricoides berturut-turut 6,8%, 0%, dan 5,7%. Tidak ada infeksi T. trichiura di Batu Ampar. Intensitas infeksi A. lumbricoides dan T. trichiura di Kalibaru tergolong ringan dan sedang. Intensitas infeksi A. lumbricoides di Batu Ampar tergolong ringan. Pola infeksi STH pada keluarga di Kalibaru lebih bervariasi dibandingkan di Batu Ampar. Secara statistik, terdapat perbedaan bermakna pola infeksi A. lumbricoides di Kalibaru dan Batu Ampar (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Ade Irma Malyana Artha - Nama Orang
Rizal Subahar - Nama Orang

No. Panggil
S 15 061 FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiii, 61 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 15 061 FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15061FKS 15 061 FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pola Infeksi Soil-Transmitted Helminths pada Anggota Keluarga Siswa Sekolah Dasar Di Kalibaru dan Batu Ampar = The Pattern of Soil-Transmitted Helminths Infection in Families of Elementary School Students in Kalibaru and Batu Ampar.

Related Collection