Skripsi

Perbedaan Efek Penggunaan Preparat Kering dan Basah pada Kondisi Psikis Mahasiswa FKUI Selama Mengikuti Praktikum Anatomi = Differences of Effects in Psychological Conditions While Attending Anatomy Practice, between the use of dry and wet preparation.

Formaldehid yang terkandung di dalam formalin telah diketahui dapat berefek negatif baik pada kondisi fisik maupun psikologis. Pada neuropsikologis seseorang, formaldehid dapat menyebabkan penurunan kemampuan kognitif (kosakata dan kemampuan berpikir abstrak). Walaupun demikian, kedudukannya sebagai pengawet utama kadaver yang merupakan salah satu sediaan utama pembelajaran anatomi tubuh manusia dalam praktikum anatomi belum dapat tergantikan. Oleh karena itu, untuk pemantauan pelaksanaan praktikum anatomi di Laboratorium Anatomi FKUI, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui efek formalin pada kondisi psikis mahasiswa FKUI selama mengikuti praktikum anatomi. Penelitian ini merupakan studi cross-sectional pada seluruh mahasiswa FKUI (total sampling) yang mengikuti praktikum anatomi di Modul Muskuloskeletal tahun akademik 2012-2013. Pengambilan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada 231 mahasiswa. Berdasarkan data sebaran jumlah mahasiswa pada tiap poin kondisi psikis, ditemukan perbedaan jumlah yang cukup besar antara mahasiswa yang merasakan keluhan dengan yang tidak merasakan keluhan, yakni pada poin sedih, tidak nyaman, dan gelisah. Setelah diuji lebih lanjut dengan uji McNemar, didapatkan bahwa perbedaan ini bermakna secara statistik (p=

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Charity Monica - Nama Orang
Isabella Kurnia Liem - Nama Orang

No. Panggil
S15074FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xii, 61 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S15074FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15074FKS15074FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbedaan Efek Penggunaan Preparat Kering dan Basah pada Kondisi Psikis Mahasiswa FKUI Selama Mengikuti Praktikum Anatomi = Differences of Effects in Psychological Conditions While Attending Anatomy Practice, between the use of dry and wet preparation.

Related Collection