Skripsi

Evaluasi Ekstrak Peperomia Pellucida Sebagai Antivirus Dengue = Evaluation of Peperomia pellucida Extract as an Antiviral to Dengue Virus.

Indonesia merupakan salah satu negara yang endemik penyakit infeksi. Salah satu penyakit infeksi yang menjadi masalah di Indonesia adalah infeksi dengue. Saat ini sedang dikembangkan antivirus-antivirus yang dapat digunakan untuk virus dengue, namun hingga saat ini belum ditemukan adanya antivirus yang efektif. Ekstrak tanaman Peperomia pellucida merupakan salah satu ekstrak alami yang diperkirakan memiliki efek antivirus. Penelitian ini akan meneliti efek antiviral dari ekstrak Peperomia pellucida terhadap virus dengue dalam bentuk IC50 (inhibisi replikasi) dan CC50 (efek sitotoksik). Penelitian ini menggunakan sel Huh7it-1 yang akan diinfeksikan dengan DENV. Penelitian ini menggunakan konsentrasi ekstrak sebesar 1.25, 2.5, 5, 10, 20, dan 40 g/mL. Nilai IC50 dihitung berdasarkan jumah Focus Assay untuk penghambatan replikasi, dan MTT Assay untuk mengetahui efek toksisitas. Selanjutnya dilakukan uji kemaknaan dengan uji ANOVA. Hasil analisis menunjukkan nilai IC50 dari ekstrak sebesar 54 g/m, dan CC50 sel tidak terinfeksi 339.66 g/mL. Analisis pada penelitian ini menggunakan uji T test tidak berpasangan dan One-way Anova. Hasil bermakna pada uji T test (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Muhammad Reza Yunusi - Nama Orang
Beti Ernawati Dewi - Nama Orang

No. Panggil
S15081FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xi, 29 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S15081FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15081FKS15081FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Evaluasi Ekstrak Peperomia Pellucida Sebagai Antivirus Dengue = Evaluation of Peperomia pellucida Extract as an Antiviral to Dengue Virus.

Related Collection