Skripsi

Terapi Kombinasi Ekstrak Kulit Batang Flamboyan (Delonix regia) dengan Daun Pepaya (Carica papaya L) terhadap Densitas Plasmodium berghei pada Mencit Swiss Webster = The combination therapy of Flamboyan’s (Delonix regia) bark extract and Papaya’s (Carica papaya L) leaf extract towards the density of Plasmodium berghei on Swiss Webster mice.

Saat ini telah terjadi resistensi parasit terhadap obat-obat antimalaria sehingga diperlukan alternatif pengobatan baru. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa ekstrak kulit batang Delonix regia dengan daun Carica papaya L memiliki aktivitas antiplasmodium pada mencit Swiss Webster yang diinfeksi Plasmodium berghei dan mengetahui perbandingan dosis kombinasi yang paling efektif sebagai antiplasmodium. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental yang dilakukan secara in vivo. Terdapat 5 kelompok perlakuan yang terdiri dari kelompok kontrol positif, kontrol negatif, dan 3 kelompok perlakuan yang terdiri dari dosis kombinasi 1:1, 3:1, dan 1:3. Perlakuan diberikan selama lima hari berturut-turut. Setiap kelompok diamati densitas parasitnya dari hari ke-0 hingga hari ke-5 serta dihitung persentase peningkatan dan penghambatan parasitemia yang terjadi pada hari ke-4. Data persentase peningkatan parasitemia hari ke-4 dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukan dosis kombinasi 1:1 memiliki perbedaan bermakna dengan kontrol negatif (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Inayah Syafitri - Nama Orang
FATMAWATY - Nama Orang

No. Panggil
S15088FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiv, 48 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S15088FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15088FKS15088FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Terapi Kombinasi Ekstrak Kulit Batang Flamboyan (Delonix regia) dengan Daun Pepaya (Carica papaya L) terhadap Densitas Plasmodium berghei pada Mencit Swiss Webster = The combination therapy of Flamboyan’s (Delonix regia) bark extract and Papaya’s (Carica papaya L) leaf extract towards the density of Plasmodium berghei on Swiss Webster mice.

Related Collection