Skripsi

Efektivitas Ekstrak Kulit Batang Flamboyan (Delonix regia) terhadap Densitas Parasit Malaria pada Mencit Swiss webster yang Diinfeksi Plasmodium berghei = The effectivity of Flamboyant’s (Delonix regia) stem bark extract against the density of parasite on Swiss webster mice infected with Plasmodium berghei.

Angka kejadian positif malaria di Indonesia pada tahun 2013 adalah 343.527 jiwa. Diperlukan pengobatan efektif untuk penyakit malaria, salah satu caranya dengan mencari obat alternatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kulit batang Flamboyan dalam memberikan efek antiplasmodium dan untuk melihat dosis mana yang memberikan peningkatan Plasmodium yang paling rendah (9,8 mg, 11,2 mg, atau 12,6 mg per 20 g mencit). Penelitian ini merupakan studi eksperimental dengan subjek penelitian mencit Swiss webster yang diinfeksi Plasmodium berghei. Sampel terdiri atas 25 mencit yang dibagi dalam 5 kelompok. Perlakuan diberikan setiap hari dan dipantau parasitemia pada mencit selama 5 hari. Parasit dilihat di bawah mikroskop menggunakan sediaan apus darah tipis dengan pewarnaan Giemsa. Data diolah dengan program IBM SPSS Statistics 22. Hasil analisis pertumbuhan parasit setelah percobaan hari ke-4 didapatkan (p= 0,010), (p=0,108), (p=0,050), (p=0,180) untuk kontrol positif, dosis kecil, dosis sedang dan dosis besar secara berurutan bila dibandingkan dengan kontrol negatif. Hasil pertumbuhan parasit hari ke-5 menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan bermakna (p=0,058) antar masing-masing kelompok. Persentase penghambatan densitas parasit pada hari ke-4 menunjukkan hasil

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Dyah Astri Paramaramya - Nama Orang
FATMAWATY - Nama Orang

No. Panggil
S15089FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiii, 43 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S15089FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15089FKS15089FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efektivitas Ekstrak Kulit Batang Flamboyan (Delonix regia) terhadap Densitas Parasit Malaria pada Mencit Swiss webster yang Diinfeksi Plasmodium berghei = The effectivity of Flamboyant’s (Delonix regia) stem bark extract against the density of parasite on Swiss webster mice infected with Plasmodium berghei.

Related Collection