Skripsi

Hubungan antara anemia pada ibu dengan APGAR score di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo pada tahun 2011 = Relationship between maternal anemia and APGAR score among patient in Cipto Mangunkusumo Hospital in 2011.

Anemia merupakan masalah yang sering ditemukan pada ibu hamil, terutama di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan anemia pada ibu melahirkan dengan APGAR score bayi yang dilahirkannya pada pasien ibu hamil di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) pada tahun 2011. Metode penelitian yang dipakai adalah cross-sectional; data diambil dari rekam medis ibu seluruh ibu melahirkan di RSCM pada tahun 2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 28,7% ibu melahirkan di RSCM menderita anemia berdasarkan kriteria anemia pada ibu hamil menurut World Health Organization (WHO). Sedangkan persentase bayi dengan APGAR score yang buruk untuk menit ke-1 dan ke-5 masing-masing adalah 11,5% dan 3,6%. Uji chi-square menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan bermakna (p>0.05) proporsi bayi dengan APGAR score buruk antara kelompok ibu anemia dengan tidak anemia, baik menit ke-1 maupun menit ke-5. Disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan bermakna antara anemia pada ibu dengan APGAR score baik menit pertama maupun menit kelima.
Kata kunci: anemia, ibu, APGAR score, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, 2011


Anemia is a worldwide problem, including Indonesia, especially in pregnant women because of high prevalence among them. The goal of this study was to know the relationship between maternal anemia and APGAR score among Cipto Mangunkusumo Hospital’s patients in 2011. The study design was crosssectional; data was gathered from all medical record of women whom give birth in Cipto Mangunkusumo Hospital (RSCM) in 2011. From the study it was known that 28,7% of pregnant women in RSCM was anemic, according to the criterion of maternal anemia from WHO. Total numbers of baby born with poor APGAR score were 11,5% for the 1 st minute and 3,6% for the 5 vii th minute. Result of chi square test showed that there was not significant different in proportion of poor APGAR score between group of maternal with anemia and without anemia (p>0.05). In conclusion, Maternal anemia has not significant relation with the APGAR score both for the 1 st minute and 5 th minute.
Keywords: anemia, maternal, APGAR score, Cipto Mangunkusumo Hospital, 2011

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

UMAR - Nama Orang
Isabella Kurnia Liem - Nama Orang

No. Panggil
S15097FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xi, 47 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S15097FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15097FKS15097FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan antara anemia pada ibu dengan APGAR score di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo pada tahun 2011 = Relationship between maternal anemia and APGAR score among patient in Cipto Mangunkusumo Hospital in 2011.

Related Collection