Skripsi

Hubungan antara Derajat Keparahan Penyakit/Stadium menurut Kategori Klinis dengan Kualitas Hidup Anak dengan HIV/AIDS = The Relationship between Clinical Stage and The Quality of Life of HIV-infected children.

HIV/AIDS merupakan penyakit kronik progresif yang dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak, karena sifatnya yang kronik maka penyakit ini dapat memberikan dampak pada kehidupan anak. Sementara kasus HIV/AIDS pada anak semakin bertambah, termasuk di Indonesia yang merupakan negara dengan fastest growing epidemic di Asia. Pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui salah satu komponen dari penyakit HIV/AIDS yaitu stadium klinis apakah dapat memberikan dampak pada fisik,emosional, dan sosial seorang anak yang diukur melalui kualitas hidup menggunakan kuesioner PedQLTM 4.0. Selain itu, penelitian yang serupa belum pernah dilakukan sebelumnya di Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional yang melibatkan 79 anak yang berobat jalan di Poliklinik Alergi Imunologi RSCM, dengan jumlah laki-laki 39 orang (49,4%) dan perempuan 40 orang (50,6%), mayoritas merupakan stadium klinis III (berdasarkan WHO Clinical Staging) yaitu sebanyak 32 orang (40,5%), selebihnya yaitu stadium klinis I sebanyak 5 orang (6,3%), stadium klinis II sebanyak 22 orang (27,8%), dan stadium klinis IV sebanyak 20 orang (25,3%). Pengukuran kualitas hidup menggunakan instrumen PedsQL 4.0 yang terdiri atas komponen kualitas hidup menurut orangtua dan menurut anak. Dilakukan uji chisquare ditemukan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara stadium menurut kategori klinis dengan kualitas hidup anak, baik pada usia

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Nadha Aulia - Nama Orang
Nia Kurniati - Nama Orang

No. Panggil
S15101FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xi, 61 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S15101FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15101FKS15101FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan antara Derajat Keparahan Penyakit/Stadium menurut Kategori Klinis dengan Kualitas Hidup Anak dengan HIV/AIDS = The Relationship between Clinical Stage and The Quality of Life of HIV-infected children.

Related Collection