Skripsi

Kematian Janin di atas Usia 36 Minggu dan Hubungannya dengan Kesesuaian Ukuran Biometri Janin dengan Usia Kehamilan = Fetal Death above 36 weeks and its association with Fetal Biometry Size and its Suitability with Gestational Age.

Angka kelahiran mati di Indonesia masih cukup tinggi yaitu 15 per 1000 kelahiran. Salah satu faktor yang diduga berhubungan dengan kejadian kematian janin adalah ukuran biometri janin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesesuaian ukuran biometri janin dengan usia kehamilan dengan kematian janin. Desain yang digunakan adalah potong lintang. Data diambil dari rekam medis ibu yang melahirkan bayinya di RSCM tahun 2011-2012 (n=1414). Prevalensi kematian janin di atas usia 36 minggu terdata 1,2%. Pada uji chi square terhadap beda proporsi kematian janin pada biometri janin yang sesuai dan yang tidak sesuai dengan usia kehamilan tidak didapatkan adanya perbedaan bermakna. (p=0,206). Disimpulkan bahwa prevalensi kematian janin di atas usia 36 minggu tidak berhubungan dengan kesesuaian ukuran biometri janin dengan usia kehamilan.
Kata kunci : prevalensi, kematian janin, ukuran biometri janin, usia kehamilan


The number of stillbirth in Indonesia is still high, i.e. 15 per 1000 births. One of several factors that probably associated to its incidence is fetal biometry size. The aim of this study was to know the association between fetal biometry size and its suitability with gestational age with fetal death. This study used cross sectional design. Data were taken from medical records of women who gave birth in Cipto Mangunkusumo Hospital from 2011 to 2012 (n=1414). The prevalence of fetal death above 36 weeks recorded was 1,2%. Chi square test against the proportion of fetal death between fetal biometry size that suitable and not suitable with gestational age showed that there was no significant difference (p=0,206). In conclusion, prevalence of fetal death above 36 weeks was not associated with fetal biometry size and its suitability with gestational age.
Key words : prevalence, fetal death, fetal biometry size, gestational age

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Larasati Kusuma Putri - Nama Orang
Isabella Kurnia Liem - Nama Orang

No. Panggil
S15123FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xii, 31 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S15123FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15123FKS15123FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Kematian Janin di atas Usia 36 Minggu dan Hubungannya dengan Kesesuaian Ukuran Biometri Janin dengan Usia Kehamilan = Fetal Death above 36 weeks and its association with Fetal Biometry Size and its Suitability with Gestational Age.

Related Collection