Skripsi

Prevalensi Otitis Media Akut dan Hubungannya dengan Infeksi Saluran Pernafasan Atas pada Balita Usia 0 hingga 5 tahun di Jakarta Timur Tahun 2012 = Prevalence of acute otitis media and its association with upper respiratory tract infection in infant age 0 to 5 in East Jakarta year 2012.

Otitis media akut (OMA) merupakan penyakit yang sering diderita oleh anak berusia dibawah 5 tahun. Infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) merupakan faktor resiko yang sering menimbulkan OMA. Baik OMA maupun ISPA merupakan penyakit yang prevalensinya tinggi di Indonesia, namun hingga saat ini masih sedikit data yang tersedia untuk kedua penyakit ini, terutama OMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi OMA dan hubungannya dengan ISPA dan faktor sosioekonomi di Jakarta Timur. Penelitian menggunakan desain cross-sectional. Data berasal dari hasil anamnesis dan pemeriksaan fisik 125 balita dari kelurahan Cawang dan Cipinang-Melayu Jakarta Timur yang diambil pada Mei 2012 dan dianalisis menggunakan uji chi square. Prevalensi OMA lebih tinggi pada anak yang berjenis kelamin laki-laki, memiliki ibu dengan tingkat pendidikan yang lebih rendah, pendapatan keluarga yang lebih rendah, dan tinggal di kawasan pemukiman padat. Uji chi-square menunjukkan ada hubungan bermakna antara ISPA dengan OMA (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

Ibrahim Nur Insan Putra Dharmawan - Nama Orang
Widayat Alviandi - Nama Orang

No. Panggil
S 14 111 FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xi, 43 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 14 111 FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S14111FKS 14111 FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Prevalensi Otitis Media Akut dan Hubungannya dengan Infeksi Saluran Pernafasan Atas pada Balita Usia 0 hingga 5 tahun di Jakarta Timur Tahun 2012 = Prevalence of acute otitis media and its association with upper respiratory tract infection in infant age 0 to 5 in East Jakarta year 2012.

Related Collection