Skripsi

Prevalensi Otitis Media Akut dan Hubungannya dengan Pajanan Asap Rokok secara Pasif pada Balita Usia 0-5 tahun di Jakarta Timur tahun 2012 = The Prevalence of Acute Otitis Media in Children under 5 years and Its Association with Passive Smoking, East Jakarta, 2012.

Otitis media akut atau inflamasi telinga tengah adalah penyakit infeksi yang paling sering terjadi pada anak-anak. Pajanan rokok pasif diduga berperan terhadap kejadian otitis media akut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi otitis media akut pada anak usia 0-5 tahun dan hubungannya dengan pajanan rokok pasif di Jakarta Timur tahun 2012. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dan data diambil pada Maret-Juni 2012 dengan melakukan anamnesis dan pemeriksaan THT pada 125 anak. Data diolah menggunakan program SPSS dan dianalisis dengan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan prevalensi OMA pada anak yang terpajan adalah 21,95% dan pada anak yang tidak terpajan adalah 9,52%. Uji chi square tidak menunjukkan perbedaan bermakna pada prevalensi OMA dan hubungannya dengan pajanan pasif asap rokok (p=0,086). Disimpulkan prevalensi OMA di Jakarta Timur adalah 17,6% pada anak 0-5 tahun dan tidak berhubungan bermakna dengan pajanan pasif asap rokok.
Kata kunci: prevalensi, otitis media akut, anak usia 0-5 tahun, pajanan pasif asap rokok


Acute otitis media or middle ear inflammation is a common infection disease, especially in children. Passive smoking is believed to be associated with acute otitis media (AOM). The purpose of this study was to determine the prevalence of AOM and its association with passive smoking in East Jakarta, 2012. This cross sectional study was conducted in March-June 2012 by performing anamnesis and otholaryngology examination to 125 children. Data are managed with SPSS and anayzed with chi square test. The results showed that the prevalence of AOM was 17,6% (passive smoker 21,95% and non passive smoker 9,52%). Chi square test have shown non significant difference between the prevalence of AOM with passive smoking (p=0,086). In conclusion, the prevalence of AOM in children under 5 years, East Jakarta, 2012 is 17,6% and there is not significant association between the prevalence of AOM with passive smoking.
Key words : prevalence, acute otitis media, children under 5 years, passive smoking

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

Nur Aisyah Rahmawati - Nama Orang
Widayati Alviandi - Nama Orang

No. Panggil
S 14 120 FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiii, 46 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 14 120 FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S14120FKS14120 FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Prevalensi Otitis Media Akut dan Hubungannya dengan Pajanan Asap Rokok secara Pasif pada Balita Usia 0-5 tahun di Jakarta Timur tahun 2012 = The Prevalence of Acute Otitis Media in Children under 5 years and Its Association with Passive Smoking, East Jakarta, 2012.

Related Collection