Skripsi

Dampak Penyuluhan terhadap Peningkatan Pengetahuan Santri mengenai Pencegahan Pedikulosis Kapitis di Sebuah Pesantren, Jakarta Timur = The Impacts of Health Promotion in Improving Student’s Knowledge Level about the Prevention of Pediculosis Capitis in The Islamic Boarding School, East Jakarta.

Pedikulosis kapitis merupakan infestasi kutu kepala yang banyak terdapat pada orang yang tinggal di daerah padat penghuni. Untuk merencanakan pemberantasan pedikulosis, diperlukan pengetahuan pencegahan pedikulosis. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dampak penyuluhan terhadap peningkatan pengetahuan santri mengenai pencegahan pedikulosis. Survey dilakukan di sebuah pesantren di Jakarta Timur. Desain penelitian pre-post study dengan metode total sampling dan intervensi penyuluhan kesehatan. Data diambil pada Mei 2012 menggunakan kuesioner berisi lima pertanyaan mengenai pengobatan dan pencegahan pedikulosis kapitis. Data diproses dengan SPSS versi 20 dan dianalisis dengan uji marginal homogeneity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 205 santri, sebanyak 181 ikut dalam penelitian; laki-laki 109 (60,2%) dan 72 (39,8%) perempuan dengan usia 11-19 tahun. Jumlah responden yang memiliki pengetahuan baik 14 orang (7,7%), sedang 46 orang (25,4%), dan kurang 121 orang (66,9%). Setelah penyuluhan, jumlah responden yang memiliki pengetahuan baik meningkat menjadi 39 orang (21,5%) dan sedang 89 orang (49,2%); pengetahuan kurang menurun menjadi 53 orang (29,3%). Uji marginal homogeneity menunjukkan perbedaan bermakna (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

Surya Wartati - Nama Orang
Saleha Sungkar - Nama Orang

No. Panggil
S 14 124 FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xii, 37 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 14 124 FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S14124FKS14124 FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Dampak Penyuluhan terhadap Peningkatan Pengetahuan Santri mengenai Pencegahan Pedikulosis Kapitis di Sebuah Pesantren, Jakarta Timur = The Impacts of Health Promotion in Improving Student’s Knowledge Level about the Prevention of Pediculosis Capitis in The Islamic Boarding School, East Jakarta.

Related Collection