Tesis

Faktor risiko epilepsi intraktabel pada anak dengan epilepsi umum = Risk factors of intractable childhood generalized epilepsy.

Latar belakang: Epilepsi umum merupakan jenis epilepsi yang sering dijumpai pada anak. Data mengenai faktor risiko epilepsi intraktabel pada anak dengan epilepsi umum masih sangat terbatas. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor risiko yang berperan dalam kejadian epilepsi intraktabel sehingga dapat menjadi dasar dalam tata laksana serta edukasi pasien dan orangtua. Tujuan: (1) Mengetahui karakteristik pasien epilepsi umum dan frekuensi terjadinya epilepsi intraktabel pada anak dengan epilepsi umum . (2) Mengetahui apakah usia awitan, tipe kejang, frekuensi awal serangan, status perkembangan motor kasar awal, respon terapi awal, gambaran EEG awal, dan gambaran MRI/CT Scan kepala dapat menjadi faktor risiko terjadinya epilepsi intraktabel pada anak dengan epilepsi umum. (3) Mengetahui apakah evolusi status perkembangan motor kasar, dan evolusi EEG epileptiform dapat menjadi faktor risiko terjadinya epilepsi intraktabel pada anak dengan epilepsi umum Metode: Penelitian kohort retrospektif berdasarkan rekam medis dilakukan di poliklinik rawat jalan neurologi anak Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUIRSCM dan poliklinik anak swasta RSCM antara bulan September sampai dengan Desember 2014 terhadap anak epilepsi umum usia koreksi 1 bulan hingga 18 tahun, dengan lama pengobatan minimal 6 bulan. Faktor risiko dianalisis bivariat dan multivariat. Hasil: Angka kejadian epilepsi umum intraktabel adalah 21 (21%). Usia subjek terbanyak adalah usia >3 tahun sebanyak 85(83%) subjek. Pada analisis bivariat didapatkan faktor risiko yang bermakna adalah usia awitan kejang

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Dina Indah Mulyani - Nama Orang
Irawan Mangunatmadja - Nama Orang
Sudung O. Pardede - Nama Orang

No. Panggil
T 15 073 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
xiii, 45 hlm, 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15073FKT15073FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Faktor risiko epilepsi intraktabel pada anak dengan epilepsi umum = Risk factors of intractable childhood generalized epilepsy.

Related Collection