Skripsi

Perbandingan Status Infeksi Protozoa Usus antara Penduduk Sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang dengan Penduduk di Luar TPA = Comparison of Intestinal Protozoan Infection in People Living Near Bantar Gebang Landfill and People Living Outside the Landfill.

Infeksi protozoa usus dapat mengakibatkan terjadinya absorpsi nutrisi, defisiensi vitamin dan mineral, sehingga mengakibatkan penderita rentan mengalami penyakit serius. Faktor higenitas, sanitasi yang buruk meningkatkan risiko terjadinya infeksi parasit usus. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk membandingkan status infeksi protozoa usus antara penduduk yang tinggal di TPA dan penduduk di luar TPA. Dilakukan penelitian cross-sectional pada bulan Juli 2014. Penelitian ini melibatkan 55 responden penduduk yang tinggal di sekitar TPA dan 43 responden penduduk di luar TPA, yang diambil berdasarkan consecutive sampling. Berdasarkan hasil pemeriksaan mikroskopik didapatkan sebesar 40 responden tinggal di sekitar TPA (72,7%), dan 10 penduduk yang tinggal di luar TPA (27,3%) positif mengalami infeksi protozoa usus. Spesies yang ditemukan pada penelitian ini adalah Blastocystis hominis, Entamoeba coli, dan Giardia lamblia. Berdasarkan hasil uji chi-square didapatkan p=0,00 (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Elvina J Yunasan - Nama Orang
Heri Wibowo - Nama Orang

No. Panggil
S 15 011 FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xi, 35 hlm, 15 x 24 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 15 011 FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S15011FKS 15 011 FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbandingan Status Infeksi Protozoa Usus antara Penduduk Sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang dengan Penduduk di Luar TPA = Comparison of Intestinal Protozoan Infection in People Living Near Bantar Gebang Landfill and People Living Outside the Landfill.

Related Collection