Skripsi

Perbedaan kontaminasi parasit usus pada sayuran kubis di pasar tradisional dan swalayan Jakarta dengan media perendaman larutan garam jenuh 2012 = The difference of intestinal parasite contamination on cabbage in traditional markets and supermarket Jakarta with saturated salt solution as the immersion media 2012.

Di Indonesia, kubis sering dikonsumsi mentah sebagai lalapan, hal ini dapat meningkatkan kejadian infeksi parasit usus. Adanya asumsi masayarakat mengenai perbedaan kebersihan antara sayuran dari pasar tradisional dan swalayan. Untuk itu, dilakukan penelitian mengenai prevalensi kontaminasi parasit usus pada sayuran kubis di pasar tradisional dan swalayan Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi potong lintang analitik observasional. Sampel sayuran kubis yang berasal dari 20 pasar tradisional dan 20 pasar swalayan Jakarta. 100 gram kubis dari setiap sampel direndam selama 24 jam dengan larutan garam jenuh. Air rendaman disaring kemudian disentrifugasi (teknik sedimentasi). Hasil endapan dilihat dibawah mikroskop untuk identifikasi kontaminasi parasit usus jenis STH dan protozoa. Didapatkan 100% kubis di pasar tradisional dan 90% di pasar swalayan positif terkontaminasi parasit usus. Total jumlah parasit usus yang ditemukan 3530/mL(55,5% pasar tradisional, 44,5% pasar swalayan). Hasil penelitian menunjukan perbedaan yang bermakna antara kontaminasi parasit usus di pasar tradisional dan swalayan(p< 0,05). Telur A.lumbricoides terbanyak ditemukan di kedua jenis pasar. Penggunaan larutan garam jenuh sebagai media perendaman bermakna dibandingkan dengan air sebagai kontrol(p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

Najmah Muhammad Kuddah - Nama Orang
Widiastuti - Nama Orang

No. Panggil
S 14 099 FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
x, 60 hlm, 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 14 099 FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S14099FKS 14 099 FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbedaan kontaminasi parasit usus pada sayuran kubis di pasar tradisional dan swalayan Jakarta dengan media perendaman larutan garam jenuh 2012 = The difference of intestinal parasite contamination on cabbage in traditional markets and supermarket Jakarta with saturated salt solution as the immersion media 2012.

Related Collection