Skripsi

Kontaminasi Parasit Usus pada Kemangi Pasar Tradisional dan Swalayan Jakarta dengan Media Perendaman Larutan Garam Jenuh 2012 = Intestinal Parasite Contamination Found in Kemangi Collected from Traditional and Supermarket Jakarta with Submersion in Saturated Salt Solution 2012.

Sayuran mentah dapat meningkatkan peluang transmisi parasit usus ke manusia. Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa higienitas makanan mentah termasuk sayuran yang dijual di pasar swalayan lebih baik daripada pasar tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan jumlah parasit usus pada sayuran kemangi dari pasar tradisional dan swalayan Jakarta. Sebanyak 20 sampel kemangi dari pasar tradisional dan 20 sampel kemangi dari pasar swalayan direndam dengan larutan garam jenuh dan selanjutnya dilakukan uji sedimentasi untuk mendapatkan jumlah parasit usus/ml. Didapatkan 100% sampel kemangi terkontaminasi parasit usus. Jumlah parasit usus pada sampel dari pasar tradisional adalah 1630/ml sedangkan dari pasar swalayan sebesar 1400/ml (p>0,05). Pada kedua kelompok sampel, diketahui bahwa kontaminasi terbesar berasal dari protozoa dengan spesies yang paling banyak ditemui adalah Giardia lamblia. Perendaman dengan larutan garam jenuh berpengaruh terhadap hasil penelitian (p0,05). The highest number of contamination was come from intestinal protozoa, Giardia lamblia. Sample submersion method with saturated salt solution influenced this study (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

Afini Faza - Nama Orang
Widiastuti - Nama Orang

No. Panggil
S 14 102 FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xii, 46 hlm, 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 14 102 FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S14102FKS 14 102 FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Kontaminasi Parasit Usus pada Kemangi Pasar Tradisional dan Swalayan Jakarta dengan Media Perendaman Larutan Garam Jenuh 2012 = Intestinal Parasite Contamination Found in Kemangi Collected from Traditional and Supermarket Jakarta with Submersion in Saturated Salt Solution 2012.

Related Collection