Skripsi

Kontaminasi Parasit Usus Pada Sayuran Kemangi di Pasar Tradisional dan Swalayan Jakarta Tahun 2012 dengan Media Perendaman Larutan Garam Cuka = Contamination of Intestinal Parasites on Basil from Jakarta’s Traditional and Selfsevicer Markets 2012 with Soaking in Acetous Salt Solution.

Sayuran kemangi yang sering dikonsumsi secara mentah misalnya sebagai lalapan, dapat menjadi media transmisi infeksi parasit usus yaitu Soil Transmitted Helminths (STH) dan kista protozoa. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan metode potong lintang, menggunakan 40 sampel sayuran kemangi yang dibeli secara acak dari pasar tradisional dan swalayan di Jakarta. Dua puluh sampel dari pasar tradisional dan 20 sampel dari pasar swalayan kemudian direndam selama 24 jam dalam larutan garam cuka dan air sebagai kontrol. Perendaman ini dilakukan untuk memperoleh jumlah kontaminasi parasit usus. Data berupa jumlah telur STH atau kista protozoa kemudian diproses dengan SPSS versi 20 dan dianalisis dengan uji t tidak berpasangan atau uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukan 14 sampel terkontaminasi STH, 7 sampel dari pasar tradisional dan 7 sampel dari pasar swalayan, dan seluruh sampel (100%) terkontaminasi kista protozoa. Jumlah parasit usus yang ditemukan sebesar 1780 pada pasar tradisional dan 1550 pada pasar pasar swalayan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan bermakna (p > 0,05) antarajumlah kontaminasi parasit usus yang ditemukan pada pasar tradisional dan swalayan Jakarta, dan diperoleh perbedaan bermakna (p0.05) between the prevalence of intestinal parasites in traditional and selfservice markets in Jakarta, and there was significant difference (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

Wahyu Eko Jatmiko - Nama Orang
Widiastuti - Nama Orang

No. Panggil
S 14 094 FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiii, 46 hlm, 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 14 094 FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S14094FKS 14 094 FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Kontaminasi Parasit Usus Pada Sayuran Kemangi di Pasar Tradisional dan Swalayan Jakarta Tahun 2012 dengan Media Perendaman Larutan Garam Cuka = Contamination of Intestinal Parasites on Basil from Jakarta’s Traditional and Selfsevicer Markets 2012 with Soaking in Acetous Salt Solution.

Related Collection