Tesis

Perbedaan Kesintasan 30-Hari Pasien Usia Lanjut dengan Pneumonia Komunitas pada Berbagai Derajat Ketergantungan di Awal Perawatan = The Difference of 30-Days Survival in Elderly Patients With Community-Acquired Pneumonia in Various Degree Of Dependency During Admission.

Latar Belakang : Pasien usia lanjut seringkali memerlukan rawat inap karena infeksi pneumonia yang disertai dengan penurunan status fungsional. Hubungan antara penurunan status fungsional pada pasien usia lanjut dengan pneumonia komunitas yang dirawat inap dengan kesintasan belum banyak diteliti. Tujuan : Mendapatkan informasi mengenai perbedaan kesintasan 30-hari pasien pneumonia komunitas berusia lanjut dengan berbagai derajat ketergantungan. Metodologi : Penelitian kohort retrospektif berbasis analisis kesintasan terhadap pasien usia lanjut dengan pneumonia komunitas di ruang rawat akut geriatri RSCM periode Januari 2010-Desember 2013. Dilakukan ekstraksi data dari rekam medik mengenai status fungsional, kondisi klinis dan faktor perancu, kemudian dicari data mortalitasnya dalam 30 hari. Status fungsional awal perawatan dinilai dengan indeks ADL Barthel, kemudian dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu mandiri-ketergantungan ringan, ketergantungan sedang-berat dan ketergantungan total. Perbedaan kesintasan antara ketiga kelompok ditampilkan dalam kurva Kaplan Meier. Perbedaan kesintasan antara ketiga kelompok diuji dengan Log-rank test, dengan batas kemaknaan

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Petry - Nama Orang
Kuntjoro Harimurti - Nama Orang
Arya Govinda Roosheroe - Nama Orang

No. Panggil
T 15 068 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xix, 76 hlm, 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15068FKT15068FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbedaan Kesintasan 30-Hari Pasien Usia Lanjut dengan Pneumonia Komunitas pada Berbagai Derajat Ketergantungan di Awal Perawatan = The Difference of 30-Days Survival in Elderly Patients With Community-Acquired Pneumonia in Various Degree Of Dependency During Admission.

Related Collection