Tesis

Kajian efek antioksidan kombinasi ekstrak etanol Acalypha Indica dan Centella Asiatica pada fungsi hati tikus Spraque Dawley pascahipoksia sistemik = Study on the effects of antioxidant in combination extract ethanol Acalypha Indica and Centella Asiatica toward the liver function of Spraque Dawley rats on post-hypoxia systemic.

Latar Belakang: Hipoksia adalah keadaan defisiensi suplai oksigen ke dalam sel atau jaringan akibat gagalnya sistem respirasi yang membawa oksigen sehingga mengakibatkan kerusakan jaringan. Hati merupakan organ yang sensitif terhadap hipoksia. Keadaan hipoksia dapat menyebabkan kerusakan hati yang mendasari beberapa kondisi patologis jaringan seperti ischemic hepatitis, cirrhosis hepatis. Tanaman Acalypha indica (AI) dan Centella asiatica (CA) telah terbukti memiliki efek antioksidan dan dapat melindungi banyak organ dari kondisi hipoksia. Pada penelitian ini menganalisis pengaruh pemberian kombinasi ekstrak etanol AI dan CA pada pascahipoksia sitemik terhadap fungsi hati, stres oksidatif dan aktivitas antioksidan organ hati. Metode: Dua puluh delapan tikus Spraque-Dawley dibagi secara acak menjadi 7 kelompok. Kelompok kontrol adalah perlakuan tanpa hipoksia, perlakuan enam kelompok lainnya pascahipoksia 7 hari diberikan zat uji sebagai berikut: air, kombinasi dosis 1 dan 2, dosis tunggal AI, dosis tunggal CA dan dosis tunggal vitamin C selama 7 hari. Aktivitas ALT dan AST, kadar MDA, rasio GSH/GSSG dan aktivitas SOD dianalisis dengan statistik menggunakan uji ANOVA yang dilanjutkan multiple comparisons Post Hoc dengan uji Least Significant Difference (LSD) untuk mengetahui kelompok mana yang berbeda, dimana perbedaan dianggap bermakna secara statistik bila p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

Agnes Frethernety - Nama Orang
Melva Louisa - Nama Orang
Novi Silvia Hardiany - Nama Orang

No. Panggil
T14565fk
Penerbit
Jakarta : S2 Program Studi Ilmu Biomedik.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T14565fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T14565fkT14565fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Kajian efek antioksidan kombinasi ekstrak etanol Acalypha Indica dan Centella Asiatica pada fungsi hati tikus Spraque Dawley pascahipoksia sistemik = Study on the effects of antioxidant in combination extract ethanol Acalypha Indica and Centella Asiatica toward the liver function of Spraque Dawley rats on post-hypoxia systemic.

Related Collection