Tesis

Prevalensi Ketaatan Minum Obat ARV dan Faktor-Faktor yang Berhubungan Pada Orang Dengan HIV/AIDS di UPT HIV RSUPN Cipto Mangunkusumo = Adherence to Antiretroviral Therapy, Prevalence and Related Factors in People Living With HIV/AIDS in HIV Integrated Central Unit, Cipto Mangunkusumo Hospital.

Ketaatan minum obat dalam penanganan HIV/AIDS dengan pengobatan ARV merupakan faktor yang penting dalam menentukan keberhasilan terapi. Di Indonesia belum ada data yang menyebutkan angka pasti ketaatan minum obat ARV pada ODHA. Ketaatan minum obat ARV dipengaruhi oleh adanya faktorfaktor psikologis (stigma diri dan fungsi kognitif) dan non psikologis yang terdiri dari faktor demografi (umur, waktu tempuh tempat tinggal ke rumah sakit, akses berobat, tingkat pendidikan, pekerjaan, tinggal sendiri atau bersama orang lain, pembiayaan berobat, penggunaan NAPZA) dan faktor obat dan penyakit (kompleksitas regimen obat, adanya infeksi oportunistik, sumber transmisi HIV). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prevalensi ketaatan minum obat ARV pada ODHA yang berobat di UPT HIV RSUPN Cipto Mangunkusumo adalah 67,7%, stigma diri memiliki hubungan yang bermakna dengan ketaatan minum obat ARV, sedangkan faktor non psikologis yang diteliti dan fungsi kognitif tidak memiliki hubungan yang bermakna dengan ketaatan minum obat ARV.
Kata kunci: Ketaatan, ARV, stigma diri, prevalensi.


Adherence to ARV is an important factor in determining the success of HIV/AIDS treatment. There has been no data about adherence to ARV in plwh in indonesia. Adherence to ARV is influenced by psychological factors (self-stigma and cognitive function) and non-psychological factors consisting of demographic (age, travel time between living place and hospital, access to treatment, level of education, occupation, living alone or with others, treatment payment, illicit drugs use), disease and treatment factor (treatment regimen complexity, opportunistic infections, source of HIV transmission). The result of this study showed that prevalence of adherence to ARV in plwh coming to HIV integrated service unit Cipto Mangunkusumo hospital is 67,7%, that self-stigma had significant relation with adherence to ARV, while psychological factors and cognitive function had no significant relation with adherence to ARV.
Keyword: adherence, ARV, self stigma, prevalence

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

Rahajeng Dewantari - Nama Orang
Hervita Diatri - Nama Orang
Natalia Widiasih - Nama Orang

No. Panggil
T14548fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Bidang Studi Ilmu Kedokteran Jiwa.,
Deskripsi Fisik
xiv, 71 hlm, 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T14548fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T14548fkT14548fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Prevalensi Ketaatan Minum Obat ARV dan Faktor-Faktor yang Berhubungan Pada Orang Dengan HIV/AIDS di UPT HIV RSUPN Cipto Mangunkusumo = Adherence to Antiretroviral Therapy, Prevalence and Related Factors in  People Living With HIV/AIDS in HIV Integrated Central Unit, Cipto Mangunkusumo Hospital.

Related Collection