Tesis

Perbandingan kesintasan, dan efektivitas biaya pasien geriatri di ruang rawat inap akut RSCM pada era sebelum dan selama Jaminan Kesehatan Nasional = The comparison of survival, and cost effectiveness of geriatric patients admitted in Cipto Mangunkusumo Hospital before and during National Health Insurance Program (NHIP)implementation

Latar belakang :Pendekatan Paripurna Pasien Geriatri (P3G) telah menjadi standar pelayanan di RSCM karena terbukti menghasilkan luaran perawatan geriatri yang lebih baik.Semenjak awal tahun 2014, di Indonesia diberlakukan sistem pembiayaan Jaminan Kesehatan Nasional. Belum diketahui apa pengaruh penerapan JKN terhadap kesintasan dan efektifitas biaya pasien geriatri yang dirawat di RSCM.
Tujuan : Mengetahui perbandingan kesintasan dan efektifitas biaya pasien geriatri pada era JKN dan non JKN yang dirawat di RSCM.
Metode : Penelitian menggunakan metode kohort retrospektif dengan kontrol historis. Sampel dikumpulkan dari pasien geriatri yang dirawat di RSCM selama periode Juli 2013-Juni 2014 yang kemudian dibagi menjadi kelompok JKN dan kelompok non JKN sebagai kontrol. Akan dinilai perbedaan kesintasan dengan kurva kesintasan dan efektifitas biaya perawatan dengan menghitung incremental cost effectiveness ratio (ICER).
Hasil : Dari total 225 subjek, 100 subjek berada di era non JKN dan 125 subjek di era JKN dengan karakteristik demografis dan klinis yang relatif sama. Tidak ada perbedaan mortalitas selama perawatan dan kesintasan 30 hari antara kelompok JKN dan non JKN (31,2% vs 28%, p=0,602 dan 65,2% vs 66,4%, p = 0,086). Kurva kesintasan 30 hari antara kedua kelompok tidak menunjukkan perbedaan bermakna. ICER memperlihatkan pada era JKN investasi biaya Rp. 1,4 juta, - terkait dengan penurunan kesintasan 1,2% dibandingkan kelompok non JKN, namun perbedaan tersebut tidak bermakna secara klinis dan statistik.
Simpulan : Tidak ada perbedaan bermakna angka mortalitas antara pasien geriatri yang dirawat di RSCM pada kelompok JKN dan non JKN. Perhitungan ICER menunjukkan dibutuhkan investasi biaya untuk memperol eh penurunan kesintasan pada penerapan JKN, namun perlu dipertimbangkan implentasi JKN yang masih dalam tahap awal. Diperlukan penelitian lanjutan saat implementasi JKN telah berlangsung dalam kurun waktu lebih panjang.
Kata kunci : efektifitas biaya, geriatri, JKN, kesintasan, mortalitas

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Paskalis Gunawan - Nama Orang
Kuntjoro Harimurti - Nama Orang
Czeresna Heriawan Soejono - Nama Orang
Siti Rizny Saldi - Nama Orang

No. Panggil
T 15 039 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xvii, 74 hlm, 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15039FKT15039FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbandingan kesintasan, dan efektivitas biaya pasien geriatri di ruang rawat inap akut RSCM pada era sebelum dan selama Jaminan Kesehatan Nasional = The comparison of survival, and cost effectiveness of geriatric patients admitted in Cipto Mangunkusumo Hospital before and during National Health Insurance Program (NHIP)implementation

Related Collection