Tesis

Radiasi Hemostatiks: Kadar von Willebrand Factor plasma dan skala perdarahan WHO sebelum dan sesudah radiasi pada perdarahan akibat kanker di Departemen Radioterapi RSCM = Hemostatics Irradiation: Level of von Willebrand Factor plasma and WHO bleeding scale, before and after radiation on cancer bleeding in Department of Radiotherapy, Cipto Mangunkusumo Hospital.

Latar Belakang : Radiasi berperan sebagai salah satu modalitas penatalaksanaan perdarahan pada keganasan. Peranan radiasi sebagai hemostatiks sudah lama digunakan namun masih memerlukan studi lebih lanjut untuk mengevaluasi efektivitasnya, serta ilmu pengetahuan terbaru pada penggunaan parameter biologis dalam penilaiannya. Saat ini di Indonesia masih sedikit publikasi kepustakaan yang memfokuskan tentang radiasi hemostatiks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan respon klinis perdarahan berdasarkan skala perdarahan WHO, mengetahui adanya perbedaan rerata kadar von Willebrand Factor (vWF) plasma antara sebelum dan sesudah radiasi, serta mengevaluasi adanya korelasi dari kadar vWF plasma dengan respon penghentian perdarahan menggunakan skala perdarahan WHO pada perdarahan tumor, sebelum dan sesudah diberikan radiasi hemostatiks. Metodologi : Studi ini menggunakan pre-post study design tanpa pembanding, dilakukan di Departemen Radioterapi RSCM pada pasien yang mengalami perdarahan akibat kanker yang mendapat terapi radiasi hemostatiks serta memenuhi kriteria inklusi sejak September 2013 sampai dengan Februari 2014. Pengambilan sampel darah untuk pemeriksaan vWF plasma dan penilaian klinis skala perdarahan WHO dilakukan sebelum dan sesudah radiasi hemostatiks. Hasil : Dari total 23 subyek terpilih, terdapat 2 pasien yang meninggal karena perdarahan. Nilai keberhasilan terapi radiasi hemostatiks yang dilakukan pada subyek adalah sebesar 91,3%. Radiasi hemostatiks mampu menurunkan skala perdarahan WHO dari median 3 menjadi median 1 sesudah radiasi dengan nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

Umi Mangesti Tjiptoningsih - Nama Orang
Abdhika Rachman - Nama Orang
Rahajoeningsih Dharma - Nama Orang
Joedo Prihartono - Nama Orang

No. Panggil
T14331fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Onkologi Radiasi.,
Deskripsi Fisik
xv, 76 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T14331fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T14331fkT14331fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Radiasi Hemostatiks: Kadar von Willebrand Factor     plasma dan skala perdarahan WHO sebelum dan sesudah    radiasi pada perdarahan akibat kanker di Departemen    Radioterapi RSCM = Hemostatics Irradiation: Level of von Willebrand Factor        plasma and WHO bleeding scale, before and after       radiation on cancer bleeding  in Department of       Radiotherapy, Cipto Mangunkusumo Hospital.

Related Collection