Tesis

Probabilitas temuan kanker kolorektal pada pasien Simtomatik berdasarkan unsur-unsur APCS (Asia Pacific Colorectal Screening ) = Probability findings colorectal cancer in symptomatic patients by component elements APCS (Asia Pacific Colorectal Screening ).

Latar Belakang : Kanker Kolorektal (KKR) masih menjadi masalah besar di dunia pada umumnya dan di Indonesia pada khususnya. Kolonoskopi dapat melihat lesi di kolon tetapi biayanya mahal bila dilakukan pada semua pasien asimtomatik. Memakai komponen unsur-unsur APCS dapat memprediksi KKR pada pasien simtomatik sehingga kolonoskopi hanya merupakan modalitas untuk menstratifikasi KKR. Tujuan : Mengetahui probabilitas kanker kolorektal menggunakan unsur-unsur APCS pada penderita simtomatik. Metode : Penelitian kasus-kontrol retrospektif dilakukan di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, sejak bulan Februari 2014 hingga Mei 2014. Data dikumpulkan dari catatan rekam medis pasien di RSCM. Kelompok kasus adalah subjek dengan kanker kolorektal, kelompok kontrol adalah subjek non-kanker kolorektal. Analisis bivariat dilakukan pada 4 variabel bebas dari unsur-unsur APCS yaitu usia, jenis kelamin, riwayat keluarga menderita KKR dan merokok. Semua variabel yang mempunyai nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

Muhammad Yamin Lubis - Nama Orang
Anwar Jusuf - Nama Orang
Elisna Syahruddin - Nama Orang

No. Panggil
T14332fk
Penerbit
Jakarta : PPDS Sp-2 Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xv, 43 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T14332fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T14332fkT14332fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Probabilitas temuan kanker kolorektal pada pasien Simtomatik berdasarkan unsur-unsur APCS  (Asia Pacific    Colorectal  Screening ) = Probability  findings colorectal cancer in symptomatic  patients by component elements APCS (Asia Pacific Colorectal Screening ).

Related Collection